Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Bakal Jual Lahan IKN ke Investor, Harga Ditentukan Otorita IKN

Kompas.com - 13/03/2024, 20:15 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka opsi lahan di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk bisa dibeli oleh para investor.

Hal itu merupakan salah satu dari dua arahan Kepala Negara untuk mempercepat keran investasi di IKN yang tersaji dalam rapat internal di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu (13/03/2024).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyampaikan, Presiden memerintahkan agar status lahan bagi investor segera ditetapkan.

"Kemudian juga tadi saran dari Bapak Menteri Investasi yang juga disepakati oleh Bapak Presiden, beli, jadi tanahnya dijual, harganya ditetapkan oleh Otorita (IKN), asal tidak melanggar aturan, itu juga kalimatnya beliau," jelasnya dikutip dari tayangan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Kepala Otorita IKN Bilang Tak Akan Menggusur Warga Semena-mena

Arahan lain yang diberikan Jokowi yakni menyediakan desk untuk pengaduan investor, dan menyiapkan person in charge (PIC) yang berkomunikasi dengan investor.

Hal tersebut juga merupakan saran dari Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Bahlil Lahadalia, berdasarkan pengalaman mempercepat investasi di Indonesia.

"Jadi apakah satu PIC untuk satu investor atau satu PIC untuk lima investor, atau satu PIC untuk sepuluh investor. Sehingga, investor itu bisa komunikasi intens dengan pejabat IKN itu yang namanya PIC itu," tandas Basuki.

Menurut Basuki, kedua arahan di atas merupakan bentuk respon atas banyaknya keluhan para investor yang diterima Jokowi.

"Karena beliau banyak mendapat keluhan-keluhan dari investor tentang kecepatan investasi di IKN," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com