Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Maret, OIKN Akan Rilis Peta Jalan Loveable City IKN

Kompas.com - 08/03/2024, 13:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) akan merilis peta jalan IKN menuju loveable city (kota yang dicintai) saat pada 20 Maret 2024.

Hal itu diungkapkan Kepala OIKN, Bambang Susantono saat menjadi pembicara kuliah umum yang digelar oleh Departemen Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (UNDIP) pada Jumat (08/03/2024).

"Nanti di tanggal 20 Maret (2024), kita akan launching apa yang disebut peta jalan untuk loveable city. 20 Maret adalah International Happiness Day," ujar pria juga Guru Besar Kehormatan Fakultas Teknik UNDIP.

Pasalnya, IKN sebagai kota didesain untuk orang atau masyarakatnya. Sehingga tak hanya mengusung livable city (kota layak huni), melainkan juga loveable city (kota yang dicintai).

"Kita ingin bagaimana orang merasa nyaman, itu sebabnya kami di IKN tagline nya adalah loveable city, tidak hanya livable tapi loveable," imbuhnya.

Baca juga: Jokowi Ucapkan Kata Dimulai 4 Kali, Tegaskan Pembangunan IKN Masih Panjang

Peta jalan IKN menuju loveable city dirancang melalui berbagai studi yang telah dilakukan OIKN.

"Kita belajarnya dengan Finlandia. Finlandia adalah negara ter-happy di dunia. Udah beberapa tahun mereka mencapai ranking nomor 1 happy," tandasnya.

Nantinya, OIKN akan mengukur indeks kepuasan dari masyarakat yang tinggal di IKN setiap tahun. Baik dari segi layanan pemerintahan, kesehatan, pendidikan, dan sebagainya.

"Poinnya kita mengukur setiap tahun suatu happiness index, dan itu kita akan tuangkan di dalam satu perjalanan sustainable," pungkas Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com