Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membandingkan IKN dengan NEOM, Sama-sama Megaproyek Kota Baru

Kompas.com - 19/02/2024, 12:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - NEOM di Arab Saudi dan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Indonesia merupakan sejumlah contoh proyek yang prestisius dan menyita perhatian publik di dunia.

Pasalnya, pembangunan dua proyek kota baru tersebut masing-masing diperkirakan menelan biaya puluhan miliar Dollar AS hingga ratusan miliar Dollar AS.

Di samping itu, pembangunan NEOM dan IKN mengemban nilai serta cita-cita yang dianggap penting bagi masing-masing negara.

Adapun megaproyek NEOM diluncurkan oleh Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman pada tahun 2017. Letaknya di wilayah barat laut Kerajaan Arab Saudi.

Sementara untuk IKN, lokasinya di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, diumumkan oleh Jokowi pada tahun 2019.

Kemudian resmi diberikan nama Nusantara pada tahun 2022 melalui pengesahan Undang-Undang (UU) IKN.

Baca juga: Tembus 70 Persen, Ini Perkembangan Proyek IKN Tahap 1

Lebih lanjut, berikut beberapa perbandingan antara megaproyek NEOM dengan IKN:

Fungsi

NEOM dibangun sebagai wilayah bisnis global masa depan, bukan hanya sekadar kota. Menjadi tempat bagi semua orang untuk bekerja, bertempat tinggal, dan berwisata.

Hal ini merupakan bagian dari rencana Visi Saudi 2030 untuk mendiversifikasi perekonomian negara guna mengurangi ketergantungannya pada minyak.

Berbeda dengan NEOM, IKN dibangun sebagai kota administrasi pemerintahan yang baru, menggantikan DKI Jakarta.

Selain itu, IKN juga dirancang sebagai pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baru, dan merepresentasikan Indonesia-sentris.

Luas Wilayah

NEOM memiliki luas 26.500 kilometer persegi atau setara dengan 2.650.000 hektar. Terdiri dari beberapa kota, meliputi The Line, Oxagon, Trojena, serta Sindalah.

Sementara untuk IKN, luas wilayahnya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan NEOM.

IKN hanya memiliki luas daratan 252.600 hektar. Terdiri dari zona Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), Kawasan IKN, dan Kawasan Pengembangan IKN.

Oxagon, salah satu kota dari megaproyek NEOM di Arab Saudi.Dok. NEOM Oxagon, salah satu kota dari megaproyek NEOM di Arab Saudi.

Biaya Pembangunan

Pembangunan NEOM diperkirakan membutuhkan biaya sebesar 500 miliar Dollar AS atau setara dengan Rp 7.811 triliun (kurs Rp 15.263).

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com