Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Kendaraan Listrik Milik BYD Akan Hadir di Subang Smartpolitan

Kompas.com - 30/04/2024, 17:50 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu pionir global dalam industri kendaraan listrik atau electric vehicle (EV), BYD dipastikan akan hadir di kawasan industri dan komersial, Subang Smartpolitan.

Pendirian pabrik kendaraan listrik BYD di Subang Smartpolitan ini menandakan langkah penting dalam mendorong mobilitas berkelanjutan di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara.

VP Sales, Marketing & Tenant Relations Subang Smartpolitan Abednego Purnomo menyambut kehadiran BYD di Subang Smartpolitan.

Menurutnya, kehadiran BYD di Subang Smartpolitan merupakan bukti nyata daya tarik kawasan sebagai pusat industri terdepan, khususnya dalam sektor otomotif.

Baca juga: Jelang 17 Agustus, Kendaraan Listrik Akan Beroperasi di IKN

“Ini selaras dengan visi utama perusahaan untuk “Membangun Indonesia yang Lebih Baik”, kami optimis bahwa capaian ini akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan transisi menuju energi bersih,” ungkap Abednego.

Memilih Subang Smartpolitan sebagai lokasi pabriknya, BYD menjadi tenant terbesar pertama di kawasan dengan menempati area lebih dari 108 hektar.

Hal ini menandai pencapaian monumental bagi Subang Smartpolitan, terutama dalam penjualan lahan industri.


Investasi besar BYD di Subang Smartpolitan diprediksi akan menjadi katalis pertumbuhan ekonomi yang signifikan di Indonesia.

Pabrik EV ini tidak hanya akan menciptakan ribuan lapangan kerja baru, tetapi juga meningkatkan transfer teknologi dan keahlian di bidang manufaktur EV.

Hal ini akan mendorong pertumbuhan industri pendukung bahkan membuka peluang baru bagi perusahaan lokal untuk terlibat dalam rantai pasokan global EV.

Baca juga: Jalanan di IKN Disebut Akan Bisa Mengisi Ulang Daya Kendaraan Listrik

“Kami optimis hal ini akan menarik investasi lebih lanjut ke Indonesia, membuka gerbang bagi lebih banyak perusahaan global untuk mendirikan basis manufaktur mereka di sini,” terangnya.

Keoptimisan Abednego diperkuat oleh tingginya minat investor asing terhadap pengembangan industri EV di Indonesia.

Saat ini kami sedang menangani banyak inquiry dari industri terkait dan sebagian besar berasal dari negara Tiongkok. Ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap potensi besar industri EV di Indonesia" tambah Abednego

Lebih dari Sekadar Pabrik Manufaktur EV

BYD berencana membangun ekosistem EV yang komprehensif di Subang Smartpolitan, termasuk pusat penelitian dan pengembangan serta fasilitas pelatihan yang dilengkapi dengan teknologi terkini yang hemat energi dan ramah lingkungan.

Baca juga: Perumahan Terjangkau di Bawah Rp 200 Juta di Kabupaten Subang: Pilihan Ekonomis

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com