Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Libur Panjang, 808.620 Kendaraan Bakal Tinggalkan Jabotabek

Kompas.com - 10/05/2024, 17:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk memprediksi, sebanyak 808.620 kendaraan bakal meninggalkan Jabotabek pada libur panjang Hari Kenaikan Yesus Kristus 2024, yakni tanggal 8-12 Mei 2024.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa), dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Total volume lalu lintas yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini naik 9,8 persen dibandingkan kondisi normal.

Jasa Marga mencatat, sebanyak 376.706 kendaraan atau sekitar 46,6 persen bakal menuju ke arah Tol Trans-Jawa dan Bandung, dengan mayoritas kendaraan menuju arah Bandung.

Kemudian, 245.240 kendaraan atau 30,3 persen menuju arah Merak, dan 186.674 kendaraan atau 23,1 persen menuju arah Puncak.

Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani menjelaskan, proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada 9 Mei 2024 dengan 186.322 kendaraan melintas atau naik 32,9 persen dibandingkan kondisi normal.

Baca juga: Proses Divestasi Jasmarga Transjawa Tol Beres Semester I-2024

"Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal, terutama di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan," ujar Faiza, dikutip dari keterangan resmi.

Jalan tol yang dimaksud, yaitu Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) untuk ke arah Puncak dan sekitarnya, Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dan Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) untuk yang menuju arah Tol Trans-Jawa dan Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com