Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subang Tambah 100 Hektar Kawasan Industri Tahun Ini

Kompas.com - 08/03/2023, 17:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

SUBANG, KOMPAS.com - Kabupaten Subang, Jawa Barat, bakal menambah 100 hektar kawasan industri pada kuartal III-2023.

Tambahan pasokan ini bersumber dari Subang Smartpolitan, properti hasil pengembangan PT Surya Semesta Internusa, Tbk, lewat anak perusahaannya PT Suryacipta Swadaya, yang siap diserahterimakan.

Managing Director PT Suryacipta Swadaya Hudaya Arryanto Sumadhija menjelaskan, total luas lahan di Subang Smartpolitan mencapai 2.717 hektar dan mulai dikembangkan pada akhir 2020.

Lahan 100 hektar yang akan diserahterimakan pada tahun 2023 ini masuk ke dalam pengembangan kawasan fase satu seluas 400 hektar.

"Kemudian tenant itu bisa mulai membangun pabriknya, bersamaan dengan kita membangun infrastruktur maupun utilitas, jalan, pengolahan air dan limbah, sehingga nanti pada kuartal III-2024 semuanya akan siap beroperasi," kata Arrie dalam media gathering di Subang pada Rabu (8/3/2023).

Anggaran pengembangan Subang Smartpolitan yang disediakan pada tahun 2023 adalah sebesar Rp 1 triliun, untuk pembebasan dan pembangunan lahan.

Sementara total anggaran yang disiapkan untuk pengembangan lahan fase satu adalah sekitar Rp 5 triliun.

Baca juga: Harga Lahan Industri Naik 2,2 Persen, Terbesar Masih Dipegang Jakarta

Terkait tenant, Arrie mengatakan baru ada satu perusahaan bidang elektronik asal Jepang yang sudah pasti akan mengisi ruang kawasan industri Subang Smartpolitan.

Hal ini ditandai lewat penandatanganan kerja sama antara kedua belah pihak di Osaka, Jepang pada beberapa bulan lalu.

Sedangkan untuk tenant lain di bidang otomotif, elektronik, hingga manufaktur sedang diproses dan masih sangat confidential.

Subang Smartpolitan bisa diakses lewat Tol Jakarta-Cikampek (Japek) di Km 89 yang nantinya akan disediakan pintu tol khusus.

Selain itu, Subang Smartpolitan juga akan terkoneksi dengan Pelabuhan Patimban lewat Tol Akses Patimban yang tengah digarap.

"Koneksinya tentu dari Jakarta akan mudah, termasuk juga Tol Trans-Jawa ke arah Jawa Tengah dan Jawa Timur dan maupun nanti juga bisa ke Bandung. Ke Patimban nanti akan ada direct connection dengan adanya tol baru," tutup Arrie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com