Berada di Atas Bukit, Tempat Evakuasi Bencana di Mandalika Bisa Jadi Spot Wisata

Kompas.com - 22/07/2022, 21:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comTemporary Evacuation Shelter (TES) atau bisa disebut tempat evakuasi sementara di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, NTB, memiliki dua fungsi.

Selain berfungsi sebagai tempat tujuan evakuasi apabila terjadi bencana, TES juga bisa menjadi spot wisata yang menarik.

Adapun untuk saat ini, pembangunan TES telah mencakup tiga titik, yakni di Bukit Masjid Nurul Bilad, Bukit 360 Pertamina Mandalika Circuit, dan Bukit Merese.

TES di Bukit Masjid Nurul Bilad dan Bukit 360 Pertamina Mandalika Circuit telah selesai dibangun, sementara TES di Bukit Merese saat ini pada tahap konstruksi akses jalan.

Baca juga: ITDC Bangun Tempat Evakuasi Bencana di Mandalika, Ini Titik Lokasinya

Setiap TES yang dibangun dapat menampung rata-rata hingga 500 orang dewasa. Dilengkapi jalan akses serta fasilitas umum yang memadai untuk dapat digunakan oleh wisatawan dan pelaku wisata lainnya.

Direktur Teknik dan SDM Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Taufik Hidayat mengatakan, TES ini nantinya dapat difungsikan sebagai spot wisata baru bagi para wisatawan yang berkunjung ke The Mandalika.

"TES didesain sedemikian rupa agar ke depannya para wisatawan juga dapat mengakses wilayah ini sambil menikmati keindahan alam di The Mandalika," ujarnya dikutip dari laman ITDC, Jumat (22/07/2022).

Contohnya adalah TES di Bukit 360 Pertamina Mandalika Circuit, di mana para wisatawan dapat menikmati keindahan Sirkuit dari atas bukit.

Selain itu, TES di Masjid Nurul Bilad yang dapat menampilkan keindahan Pantai Kuta dari atas.

"Ada pula pembangunan TES yang masih dalam tahap konstruksi di Bukit Merese, di mana para wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit," pungkasnya.

Baca juga: Menilik Kabar Terbaru Pembangunan di KEK Mandalika, Seperti Apa?

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.