Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akses Menuju Stasiun Karawang Segera Dibangun, Naik Whoosh Lebih Mudah

Kompas.com - 29/04/2024, 06:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Akses menuju Stasiun Karawang segera dibangun. Ini akan memudahkan masyarakat yang ingin naik Kereta Cepat Whoosh.

PT Kereta Cepat Indonesia-China (KCIC) melaporkan, akan ada akses jalan sepanjang sekitar 1,5 kilometer dari Trans Heksa Karawang (THK) dan Deltamas.

Saat ini, proyek tersebut masih dalam tahapan pembebasan lahan untuk selanjutnya memasuki tahapan persiapan konstruksi.

Selain itu, juga akan dibangun akses dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) yang saat ini juga masih dalam tahap pembebasan lahan dan pembangunan.

Rencananya, pembangunan akses ke Stasiun Karawang dari Tol Japek yang menjadi bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dilakukan pada tahun 2024.

Dengan adanya akses tersebut, Stasiun Karawang akan terkoneksi dengan berbagai kawasan industrial, perkotaan, dan pusat perbelanjaan.

Baca juga: Whoosh Angkut 222.309 Penumpang Sepanjang Mudik dan Balik Lebaran

Sementara saat ini, Stasiun Karawang masih belum beroperasi. Namun demikian, stasiun ini memiliki peran untuk memastikan kelancaran perjalanan Whoosh.

GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, Whoosh sudah menerapkan 52 perjalanan per hari.

"Sejak awal, para petugas Stasiun Karawang terus memastikan agar berbagai fasilitas operasi dan pelayanan tetap dapat beroperasi dengan baik," ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi.

Petugas yang dimaksud, antara lain petugas operasional, pelayanan, keamanan, dan kebersihan untuk memastikan kondisi stasiun dan lintasan selalu berada dalam kondisi terbaik.

Termasuk juga petugas comprehensive controller untuk menjaga kondisi seluruh fasilitas pelayanan, meliputi mesin tiket, gate in, PIDS, CCTV, lampu, hingga AC dalam kondisi baik.

Baca juga: Whoosh Layani 21.000 Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

Tak hanya itu, Stasiun Karawang juga memiliki Unit On Call Emergency yang berfungsi untuk mengatur perjalanan Whoosh secara lokal saat keadaan darurat.

Unit tersebut merupakan kepanjangan tangan dari Operational Control Center (OCC) Whoosh yang berada di Stasiun Tegalluar, sehingga keberadaannya sangat penting dalam menjaga kelancaran dan keamanan operasional Whoosh.

Tersedia pula jalur mini depo untuk penyimpanan kereta kerja yang berfungsi untuk melakukan perawatan lintasan serta melakukan penanganan dan perbaikan dengan cepat jika terjadi kendala di tengah lintasan Jakarta-Bandung.

"KCIC memastikan bahwa pengaturan petugas di Stasiun Karawang saat ini dilakukan secara optimal dengan tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan operasi Whoosh," tuntas Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com