Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Whoosh Layani 21.000 Penumpang pada Puncak Arus Balik Lebaran

Kompas.com - 16/04/2024, 08:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kereta Cepat Whoosh melayani sekitar 21.000 penumpang pada puncak arus balik Lebaran, Minggu (15/4/2024).

Berdasarkan data PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), okupansi penumpang pada waktu keberangkatan favorit mencapai 95 persen.

Pada momen tersebut, sekitar 13.500 penumpang berangkat dari Stasiun Padalarang serta Stasiun Tegalluar dan 7.500 penumpang lainnya berangkat dari Stasiun Halim.

Peningkatan jumlah penumpang juga masih terlihat pada Senin (15/4/2024) dengan sekitar 20.000 penumpang atau naik 40 persen dari kondisi normal.

Okupansi penumpang pada sejumlah jadwal perjalanan juga menyentuh hingga 95 persen.

"Berdasarkan pantauan di stasiun dan sistem penjualan tiket, penumpang dari Bandung ke Jakarta dengan menggunakan Whoosh pada hari libur terakhir ini masih tinggi," ujar GM Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa, dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: Bantah Kebocoran di Whoosh, KCIC Jelaskan Penyebab Genangan Air

Untuk mengakomodir peningkatan jumlah penumpang pada arus balik ini, KCIC mengoperasikan 12 kereta tambahan hingga tanggal 18 April 2024.

Hal ini juga sejalan dengan arahan pemerintah untuk mengatur jadwal perjalanan arus balik masyarakat kembali ke Jakarta.

Perlu diingat bahwa gate Kereta Cepat Whoosh dan Kereta Api (KA) Feeder akan ditutup 5 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Sehingga, penumpang disarankan untuk datang lebih awal sekitar 30 menit sebelum jadwal keberangkatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com