Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Aset Milik Taipan Properti Vietnam yang Divonis Hukuman Mati

Kompas.com - 15/04/2024, 17:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Truong My Lan, taipan properti Vietnam, dijatuhi hukuman mati setelah dinyatakan bersalah atas penggelapan, penyuapan, dan melanggar peraturan perbankan.

Lan dan puluhan terdakwa lainnya dinyatakan bersalah karena terlibat dalam penipuan real estat yang menyedot lebih dari 12 miliar Dollar AS atau ekuivalen Rp 192,7 triliun (kurs Rp 16.061) dari pemberi pinjaman swasta besar Saigon Joint Stock Commercial Bank (SCB) melalui pinjaman kepada perusahaan cangkang.

Dikutip dari Reuters, menurut penyelidik dan perkiraan dari perusahaan penilai pasar Hoang Quan, nilai total aset yang terkait dengan pengembang properti milik Lan yakni Van Thinh Phat (VTP) Group dan afiliasinya diperkirakan antara 12 miliar Dollar AS dan 48 miliar Dollar AS atau ekuivalen Rp 770 triliun.

VTP tidak menanggapi permintaan komentar Reuters. Namun, seorang perwakilan keluarga Lan mengatakan nilai asetnya sekitar 30 miliar Dollar AS atau ekuivalen Rp 480 triliun.

Baca juga: Gelapkan Dana Rp 200 Triliun, Taipan Properti Vietnam Dihukum Mati

Kisaran nilainya luas karena sebagian besar aset belum selesai dan kepemilikannya seringkali tidak jelas karena mungkin digunakan sebagai jaminan pinjaman dan obligasi.

Namun, beberapa di antaranya merupakan properti unggulan di lokasi-lokasi utama, termasuk di dalam dan di sekitar Jalan Dong Khoi di Kota Ho Chi Minh.

Beberapa investor asing, dalam surat yang ditulis ke pengadilan, telah menyatakan minatnya pada sebagian besar properti kelas atas.

Berikut adalah beberapa aset atau proyek properti utama yang terkait dengan VTP, afiliasinya, dan keluarga Lan:

Times Square Saigon di Vietnam.Dok. The Reverie Saigon Times Square Saigon di Vietnam.

1. Times Square Saigon

Times Square Saigon adalah salah satu gedung tertinggi di Kota Ho Chi Minh, ibu kota komersial Vietnam.

Kompleks perkantoran dan hotel ini terletak di jalan Dong Khoi dan Nguyen Hue. Daerah ini dikenal sebagai "tanah emas" karena harganya yang tinggi dan menghubungkan balai kota dengan Sungai Saigon.

Bangunan setinggi 39 lantai ini, dipandang sebagai simbol kemakmuran dan modernitas kota terpadat di Vietnam, menampilkan salah satu hotel bintang enam pertama, Reverie Saigon.

Menurut media pemerintah, bangunan itu digunakan sebagai jaminan atas 73 pinjaman senilai hampir 30 triliun dong atau 1,2 miliar Dollar AS (Rp 19,1 triliun) dari SCB.

Sherwood Residence di Vietnam.Dok. Sherwood Residence Sherwood Residence di Vietnam.

2. Sherwood Residence

Sherwood Residence adalah hotel bintang lima dan kompleks apartemen berlayanan yang terletak di 127 Pasteur Street di Distrik 3 di jantung Kota Ho Chi Minh.

Bangunan 22 lantai ini memiliki 228 apartemen berlayanan dan 12 penthouse dan merupakan salah satu kompleks apartemen berlayanan pertama di kota yang dianugerahi label bintang lima oleh otoritas pariwisata.

Sherwood Residence pernah menjadi kediaman Lan hingga penangkapannya pada Oktober 2022.

Windsor Plaza Hotel di Vietnam.Dok. Windsor Plaza Hotel Windsor Plaza Hotel di Vietnam.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com