Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Jasa Marga: 48 Persen Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabotabek

Kompas.com - 15/04/2024, 20:46 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur, memaparkan evaluasi pelayanan operasional arus balik serta upaya antisipasi lonjakan volume lalu lintas pada puncak arus balik Lebaran 2024.

Hal itu disampaikannya saat tinjauan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, di Pos Pantau Cikampek Utama, Senin (15/04/2024).

Subakti menjelaskan, realisasi volume lalu lintas kembali ke Jakarta pada periode Lebaran H1 sampai H+3 (10-14 April 2024) melalui 4 Gerbang Tol Utama (GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, GT Cikupa) mencapai 961.000 kendaraan.

Jumlah itu merupakan 52 persen dari total prediksi 1,87 juta kendaraan yang akan kembali ke Jabotabek pada periode H1 sampai H+7 (10-18 April 2024).

"Kami perkirakan masih sekitar 907 ribu kendaraan akan kembali ke Jabotabek atau masih sekitar 48 persen pemudik yang belum kembali ke Jabotabek," ujarnya dalam keterangan tertulis.

Baca juga: Hingga H+3 Lebaran 2024, Volume Lalin di Tol Jabotabek dan Jabar Padat

Untuk itu, pihaknya terus siaga, terutama pada titik krusial KM 66 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta yang merupakan pertemuan lalu lintas dari arah Trans-Jawa dan Bandung.

"Salah satunya dengan mendukung rekayasa lalu lintas atas diskresi Kepolisian, menambah lajur transaksi di gerbang tol, pengalihan lalu lintas menuju jalur fungsional Japek II Selatan hingga menyiapkan sarana di lajur contraflow," imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk mengantisipasi kepadatan di GT Cikatama arah Jakarta, Jasa Marga telah memaksimalkan seluruh lajur transaksi hingga 35 lajur dengan penyiagaan 28 mobile reader dan petugas bantu transaksi.

"Untuk mewujudkan perjalanan arus balik yang lancar, aman dan nyaman Jasa Marga juga akan terus berkolaborasi dengan para stakeholder terkait seperti Korlantas, Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan Badan Usaha Jalan Tol lainnya," tandasnya.

Sementara itu, Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja keras dan kerja cerdas dari segenap pihak seperti Kepolisian, Kementerian Perhubungan, dan Jasa Marga sebagai pengelola utama jalur tol, sehingga penanganan arus mudik dan balik dapat berjalan dengan baik.

Secara umum, pencapaian-pencapaiannya sudah sangat baik jika dibandingkan dengan tahun 2023. Terutama dari sisi angka kecelakaan karena yang diutamakan adalah keselamatan.

"Meskipun di tahun ini kita belum bisa zero accident, jika dibandingkan tahun lalu, angka kecelakaan dan angka korban meninggal mengalami penurunan yang cukup signifikan," katanya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, memohon kerja sama masyarakat untuk dapat turut berperan dalam melancarkan arus balik sesuai kondisi masing-masing, terkait dengan arahan dan imbauan Pemerintah agar memanfaatkan kesempatan Work From Home (WFH).

"Harapannya, jika hal ini dimanfaatkan, kepadatan lalu lintas pada hari ini yang diprediksi menjadi puncak bisa terurai. Tidak hanya itu saya juga kembali mengimbau masyarakat untuk mempersiapkan perjalanan dengan baik sehingga tidak mengalami banyak kendala di jalan," terangnya.

Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto berpesan kepada pengendara agar tidak mengemudi saat mengantuk, isi BBM yang penuh, cek kondisi kendaraan, dan mematuhi aturan kecepatan kendaraan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com