Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren, Ada Bibit Mangrove Berbentuk Tulisan "G20" di Tol Bali-Mandara

Kompas.com - 22/07/2022, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa pemandangan baru yang menarik ketika berkendara melintasi Jalan Tol Bali-Mandara. Salah satunya mangrove berbentuk tulisan "G20".

Mengingat satu-satunya jalan tol di Provinsi Bali itu sedang dilakukan pengerjaan beautifikasi dan penataan lansekap untuk menyambut Presidensi G20 di Bali pada November 2022 mendatang.

Adapun pemandangan itu setidaknya terlihat dalam unggahan video akun Instagram resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR pada Jumat (22/07/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Badan Pengatur Jalan Tol (@pupr_bpjt)

Mengutip informasi dari laman BPJT Kementerian PUPR, progres program Beutifikasi dan Penataan Lansekap di Jalan Tol Bali-Mandara saat ini sudah mencapai 90 persen.

Baca juga: Tol Bali-Mandara Dilengkapi Alat Ukur Kecepatan Angin, Seperti Apa?

Mulai dari pemasangan ornamen pada tiang Penerangan Jalan Umum (PJU) sebanyak 549 unit.

Selanjutnya, penanaman 756.800 bibit mangrove, tepatnya di interchange Ngurah Rai serta KM 3+600.

Bibit mangrove bertuliskan G20 di Jalan Tol Bali-Mandar.Tangkap Layar Instagram BPJT Kementerian PUPR Bibit mangrove bertuliskan G20 di Jalan Tol Bali-Mandar.
Jumlah itu termasuk penanaman bibit mangrove yang membentuk tulisan G20 sebesar 158 meter x 54 meter dengan total 300.000 bibit

Selain itu, pekerjaan konstruksi juga dilakukan pada gerbang tol dengan desain angkul-angkul Bali di tiga gerbang tol (Nusa Dua, Benoa, dan Ngurah Rai). Kini telah memasuki tahap akhir penyelesaian.

Lalu, pemasangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di tiga gerbang tol yang merupakan kerja sama program green energy bersama PT Bukit Energi Investama

Kemudian melakukan program Green Environment, di antaranya penanaman pohon dan pembuatan taman di akses gerbang tol, media, dan taper Jalan Tol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com