Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kabar Terbaru Pembangunan di KEK Mandalika, Seperti Apa?

Kompas.com - 11/04/2022, 11:19 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan infrastruktur dasar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau The Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), masih terus berjalan.

Dilakukan melalui program Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP) yang didanai sepenuhnya secara mandiri oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Selaku pengelola, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menyebut pembangunan berjalan sesuai rencana dan target.

Adapun kini realisasinya telah mencapai 36,82 persen, atau setara Rp 623,6 miliar dari total kontrak MUTIP Paket I dan II sebesar Rp 1,7 triliun.

Baca juga: Akankah Mandalika Tetap Populer Pasca-pergelaran MotoGP?

Capaian realisasi ini diperoleh dari akumulasi sejumlah pekerjaan yang masuk dalam MUTIP Paket I dan II mencakup area seluas 450 hektar di KEK Mandalika

Antara lain pembangunan jalan akses sebanyak 20 ruas dengan total panjang 15,50 kilometer, jalur pejalan kaki (pedestrian), saluran drainase, box utility sepanjang 6.000 meter.

Kemudian penerangan jalan umum (PJU), pagar kawasan, enam area parkir, landscaping serta pekerjaan pembuatan gerbang timur dan barat kawasan.

Perihal pembangunan 20 ruas, merupakan jalan akses penghubung antar satu spot pariwisata dengan spot pariwisata lainnya di dalam Kawasan The Mandalika.

Pembangunan KEK Mandalika di Lombok, NTB.Dok. ITDC Pembangunan KEK Mandalika di Lombok, NTB.
Saat ini, pekerjaan jalan pada ruas-ruas tersebut dalam proses pembuatan saluran, proses rigid pavement (pembetonan), curing, dan pemasangan lampu penerangan.

Sementara pembangunan enam area parkir di The Mandalika, yaitu berlokasi di area barat sejumlah satu area parkir, zona timur kawasan sebanyak tiga area parkir, zona selatan sirkuit satu area parkir, dan zona utara sirkuit satu area parkir.

Sebagian area parkir ini juga telah dimanfaatkan oleh para pengunjung saat penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP) pada 18-20 Maret 2022 lalu.

Sedangkan progres pembuatan gerbang timur mencapai persiapan pemasangan atap dan gerbang barat telah memulai persiapan pembangunan pondasi.

Baca juga: Seberapa Besar Potensi Wisata Mandalika Sebelum Gelaran MotoGP?

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer mengatakan, pengembangan KEK Mandalika atau The Mandalika memerlukan dukungan kesiapan infrastruktur dasar.

Diperlukan untuk menarik minat investor masuk dan turut membantu percepatan pembangunan kawasan.

"Di tengah pandemi, pekerjaan Paket I dan II MUTIP terus berprogres dan sekarang ini telah mencapai 36,82 persen yang setara dengan Rp 623,5 miliar," ujar Abdulbar M. Mansoer dikutip dari laman resmi ITDC, Senin (11/04/2022).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com