Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ITDC Bangun Tempat Evakuasi Bencana di Mandalika, Ini Titik Lokasinya

Kompas.com - 22/07/2022, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) tengah mengembangkan Temporary Evacuation Shelter (TES) yang tersebar di sejumlah titik di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, NTB.

Pembangunan TES atau bisa disebut tempat evakuasi sementara ini termasuk ke dalam master plan pengembangan The Mandalika. Rencananya akan tersebar di 11 titik.

Tujuannya untuk menyiapkan kawasan The Mandalika yang aman bagi wisatawan dan pelaku wisata dari ancaman bencana seperti gempa serta tsunami.

Saat ini pembangunan TES telah mencakup tiga titik, yakni di Bukit Masjid Nurul Bilad, Bukit 360 Pertamina Mandalika Circuit, dan Bukit Merese.

Baca juga: Dibuat sejak Tahun 2017, Begini Sketsa Asli Lintasan Sirkuit Mandalika

Untuk TES di Bukit Masjid Nurul Bilad dan Bukit 360 Pertamina Mandalika Circuit telah selesai dibangun, sementara TES di Bukit Merese saat ini pada tahap konstruksi akses jalan.

Ke depannya, ITDC akan melanjutkan pembangunan TES pada sejumlah titik evakuasi yang tersebar di zona barat hingga timur kawasan.

Antara lain Bukit Benjon dan Bukit Seger untuk zona barat, Bukit Merese untuk zona tengah, hingga Gerupuk untuk zona timur.

Setiap TES yang dibangun dapat menampung rata-rata hingga 500 orang dewasa. Dilengkapi jalan akses serta fasilitas umum yang memadai untuk dapat digunakan oleh wisatawan dan pelaku wisata lainnya di The Mandalika.

Pembangunan TES di Pertamina Mandalika Circuit dan Bukit Merese merupakan bagian dari Mandalika Urban Tourism and Infrastructure Project (MUTIP), yang dibiayai oleh Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Direktur Teknik dan SDM ITDC Taufik Hidayat mengatakan, berkaca dari bencana gempa bumi pada 2018 silam di Pulau Lombok, pihaknya berkomitmen mematangkan prosedur dan fasilitas penunjang mitigasi kebencanaan di The Mandalika.

Salah satunya melalui pembangunan TES berikut jalan akses dan fasilitasnya seperti tempat berteduh dan toilet.

"Penyiapan TES ini juga merupakan salah satu syarat yang wajib dimiliki sebuah kawasan pariwisata berstandar internasional," ujar Taufik dikutip dari laman ITDC, Jumat (22/07/2022).

Baca juga: Menteri Basuki: Penghijauan di Kawasan Sirkuit Mandalika Harus Optimal

Pembangunan TES ini merupakan implementasi ITDC untuk mengantisipasi dampak bencana seperti tsunami dan gempa bumi di kawasan, hingga kemungkinan kecelakaan kerja seperti kebakaran.

"Di samping itu pembangunan TES ini juga dimaksudkan untuk semakin meyakinkan wisatawan dan pelaku wisata lainnya bahwa The Mandalika merupakan kawasan yang aman," terangnya.

Penetapan lokasi, perencanaan, hingga pembangunan TES ini juga telah dipersiapkan oleh ITDC dengan matang mengikuti persyaratan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pertama, pembangunan TES wajib mengikuti pedoman dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Kedua, berada pada ketinggian lebih dari 16,3 meter dari permukaan laut.

Ketiga, lokasi TES harus strategis dan mudah dijangkau oleh wisatawan maupun pelaku wisata lainnya.

"Sehingga, TES dibangun pada bukit-bukit yang ada di Kawasan The Mandalika dengan ketinggian khusus serta memiliki permukaan yang tidak curam," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com