Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Timur Dinilai Punya Prospek Cerah di Sektor Properti

Kompas.com - 30/06/2022, 22:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski perkembangan tata kotanya tidak secepat wilayah lain di Jakarta, namun kota admistrasi Jakarta Timur (Jaktim) memiliki potensi untuk berkembang.

Selain siap bertransformasi menjadi kawasan hunian, wilayah Jaktim juga sedang dirancang sebagai kota administrasi yang prospektif untuk perkembangan properti.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Perencanaan dan Pemanfaatan Ruang Kota, Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (DCKTRP) Provinsi DKI Jakarta, Merry Morfosa, dalam diskusi bertema “Tata Kota Jakarta Timur Sebagai Lokasi Hunian Potensial”, Kamis (30/6/2022).

Baca juga: Mulai Dibangun, Synthesis Huis Diharapkan Berkontribusi Rp 500 Miliar

Selain itu, belum banyak hal yang bisa dilakukan karena masih menunggu penerapan Rancangan Peraturan Gubernur (Ranpergub) tentang penataan kota terutama kawasan hunian.

“Dari Ranpergub ini ada sejumlah kebijakan baru yang perlu diketahui para developer terkait Rencana Detail Tata Ruang (RDTR),” jelas Merry.

Menurutnya, aturan yang digulirkan nantinya akan menjadikan Jaktim sebagai kawasan perkotaan yang lebih baik dari sebelumnya.

“Jakarta Timur itu memang didominasi oleh fungsi hunian, kami juga telah mengatur berbagai rancangan tata kota terkait kawasan hunian,baik untuk rumahtapak, rumah flat maupun rumah susun,” paparnya.

Selain itu, aturan mengenai pengembangan real estat yaitu pemecahan kavling, serta izin untuk membangun rumah tinggal juga sudah diterapkan sampai empat lantai.

Pengamat Tata Kota Yayat Supriatna menambahkan, Jaktim punya potensi untuk berkembang dan menjadi sentra primer baru.

Pengembangan infrastruktur LRT Jakarta dengan Stasiun Hub di Cawang adalah salah satu trigger yang bisa dimanfaatkan oleh para pengembang dan investor properti.

"Terlebih daya beli masyarakat Jaktim termasuk tinggi, dengan jumlah populasi terutama milenial yang juga besar. Ini adalah opportunity yang bisa diantisipasi dengan pengembangan hunian beserta fasilitas pelengkapnya," papar Yayat.

Sementara itu, Managing Director Synthesis Huis Aldo Daniel mengatakan, kehadiran Synthesis Huis di Jakarta Timur sebagai iconic residential project bisa menjadi pilihan hunian yang tepat.

Baca juga: Sektor Properti di Jakarta Timur Bakal Menjanjikan, Ini Pemicunya

“Selain lokasinya masih berada di Jakarta, kawasan hunian ini juga didukung oleh segudang potensial perkembangan properti,” jelas Aldo.

Synthesis Huis dibangun di lahan seluas 3,3 hektar dan di lokasi cukup strategis. Mudah diakses, hanya 5 menit dari pintu tol Pasar Rebo, dekat pusat perbelanjaan, pusat pendidikan, rumah sakit dan CBD TB Simatupang.

Keunggulan lainnya kawasan Synthesis Huis berdampingan dengan hutan kota Cijantung Jakarta Timur yang merupakam paru-paru kota Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com