Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hunian Terintegrasi Transportasi Umum TOD Kian Menjamur, Apa Kelebihannya?

Kompas.com - 15/06/2022, 13:10 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Proyek hunian terintegrasi transportasi umum atau berkonsep Transit Oriented Development (TOD) kian menjamur.

Hal ini diperkuat oleh adanya pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jabodebek yang rencananya bakal beroperasi secara komersial pada Desember 2022 atau awal 2023.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo mengatakan, saat ini secara total progres pengerjaan proyek LRT Jabodebek baru mencapai 81,75 persen.

Adapun tahapan yang sedang difokuskan sekarang ialah menjalankan testing dan commissioning.

Baca juga: Mau Apartemen Selangkah dari Transportasi Umum? Cek Pilihannya

"Dengan demikian kalau masyarakat melihat ada lintasan-lintasan LRT yang sedang dijalankan, maka itu dalam rangka melakukan testing dan commissioning," kata Didiek dalam webinar, Kamis (12/05/2022).

Kembali membahas mengenai hunian berkonsep TOD, inovasi ini berfokus untuk memaksimalkan manfaat angkutan umum dan mobilitas kendaraan tidak bermotor, melansir laman resmi Institute for Transportation and Development (ITDP).

Proyek TOD adalah jawaban dari perkembangan kota tidak berkelanjutan, bergantung pada kendaraan bermotor dan minim transit yang telah menjadi ciri pertumbuhan kota dalam beberapa waktu terakhir.

Konsep TOD juga menawarkan desain lingkungan yang aman dan seimbang, dilengkapi dengan pedestrian, akses bersepeda, hidup di sekitar lokasi transportasi umum serta terbebas dari gangguan lalu lintas.

Lantas, apa keuntungan tinggal di hunian berkonsep TOD?

Baca juga: Rusun TOD di Depok Cocok untuk Milenial Bergaji Rp 8 Juta, Ini Tampilannya

Manfaat tinggal di hunian berkonsep TOD

Director Capital Markets & Investment Services Colliers Indonesia Steve Atherton mengatakan, kehadiran TOD ini akan membuat para penghuninya memiliki kemudahan akses ke tempat kerja, rumah, dan pusat aktivitas lainnya.

“Mereka yang tinggal di TOD dapat dengan mudah menjangkau pusat-pusat aktivitas melalui jalan kaki atau bersepeda, akan terbentuk gaya hidup sehat di mana budaya jalan kaki dan hidup aktif menjadi gaya hidup baru,” ujar Steve dalam rilisnya.

Hasil positif lainnya adalah nilai properti yang lebih tinggi dibandingkan kawasan non-TOD.

Secara umum, manfaat pengembangan TOD bagi suatu komunitas masyarakat adalah berkurangnya penggunaan kendaraan pribadi sehingga mengurangi kemacetan dan polusi.

Ke depannya, pengembangan produk di area TOD diprediksi akan memiliki permintaan yang lebih kuat dari saat ini.

“Dari sisi investor, ini dapat menghadirkan pasar sewa captive yang menarik untuk apartemen atau penggunaan komersial,” tambah Steve.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com