Kompas.com - 15/06/2022, 10:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyelesaikan revitalisasi 400 Kantor Urusan Agama (KUA) selama Semester I Tahun 2022.

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag M Adib menjelaskan, revitalisasi KUA didasarkan pada empat kriteria.

Tidak hanya sarana dan prasarana, kemampuan memberikan layanan kepada masyarakat juga dijadikan sebagai parameter.

"Pertama, KUA yang direvitalisasi berdasarkan kelengkapan fungsi gedung. Kita fokus pada fungsinya, bukan bentuk dan mewahnya gedung," ungkap Adib dikutip dari laman Kemenag, Rabu (15/6/2022).

Adib berpendapat, gedung yang representatif akan menciptakan sarana optimal dari sebuah layanan.

Syarat kedua didasari oleh jumlah pernikahan yang berkorelasi dengan jumlah penduduk karena menunjukkan tingkat dinamika di suatu tempat.

Adib mengatakan, hal ini menjadi penting sebab KUA Revitalisasi akan berfokus pada layanan masyarakat.

"Ketiga, lokasinya di Kabupaten/Kota. Masyarakat perkotaan atau urban memiliki tingkat persoalan yang lebih kompleks dibanding pedesaan," kata dia.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Menginap di Hotel Bintang Tiga, Ini Fasilitasnya

Sedangkan syarat keempat, KUA Revitalisasi harus memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup guna menunjang keberhasilan layanan yang diberikan.

Jika SDM di KUA yang ditunjuk terbilang kecil, maka Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi melalui Kankemenag Kabupaten/Kota melakukan redistribusi pegawai seperti penghulu, penyuluh agama Islam, dan staf untuk memperkuat SDM.

Sebagai informasi, Revitalisasi KUA merupakan program prioritas dari Menag Yaqut Cholil Qoumas. Tahun lalu, Revitalisasi KUA dilaksanakan di 106 titik.

Sementara tahun ini, Revitalisasi KUA ditargetkan naik hingga hampir 10 kali lipat menjadi 1.000 lembaga.

Dengan revitalisasi ini, KUA tidak hanya melakukan pencatatan nikah dan rujuk, tetapi secara konsisten memberikan layanan keagamaan kepada masyarakat di tingkat kecamatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Kemenag


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.