Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komitmen Berantas Korupsi, Jasa Marga Gandeng KPK

Kompas.com - 24/04/2024, 20:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) luncurkan Whistleblowing System (WBS) terintegrasi pada Rabu (24/4/2024). 

Komisaris Jasa Marga Raja Erizman mengapresiasi dan berterima kasih atas kolaborasi luar biasa antara KPK dan Jasa Marga.

Hal ini merupakan salah satu bukti konkret dari komitmen Jasa Marga dalam memberantas korupsi dan memperkuat tata kelola perusahaan yang bersih dan transparan.

WBS terintegrasi antara KPK dan Jasa Marga akan memaksimalkan penanganan pengaduan baik secara internal maupun eksternal, dalam rangka memastikan praktik bisnis yang bersih di lingkungan Jasa Marga Group.

"Sebagai perusahaan yang bertanggungjawab atas infrastruktur transportasi yang vital bagi pertumbuhan dan kemajuan bangsa, kami sadar akan pentingnya menjaga kepercayaan masyarakat," ucapnya.

Lanjutnya, WBS terintegrasi ini adalah langkah nyata dalam memperkuat mekanisme pengawasan internal dan eksternal, serta memastikan bahwa setiap pelanggaran atau tindakan korupsi dapat dilaporkan dan ditindaklanjuti dengan cepat dan efektif.

Direktur Utama Jasa Marga dalam sambutannya mengatakan, integrasi WBS dengan KPK merupakan salah satu wujud komitmen Jasa Marga dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik dengan tujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang transparan dengan menjunjung etika dan integritas, serta memastikan pengelolaan risiko yang lebih efektif.

Baca juga: Dirut Jasa Marga: 48 Persen Kendaraan Pemudik Belum Kembali ke Jabotabek

"Implementasi integritas dalam tata kelola perusahaan yang baik tentunya sangat berpengaruh terhadap reputasi perusahaan, terutama dalam upaya menjaga kepercayaan customer, investor, dan para stakeholder serta akan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja perusahaan secara berkelanjutan," ungkapnya.

Sementara Direktur Pelayanan Laporan dan Pengaduan Masyarakat KPK Tomi Murtomo mengapresiasi komitmen Jasa Marga dalam membangun budaya anti korupsi.

Tomi menekankan pentingnya pilar-pilar WBS dan peran Duta Anti Korupsi dalam mewujudkan praktik bisnis perusahaan yang bersih.

"Harapannya dengan adanya WBS terintegrasi ini, Jasa Marga dapat memonitor dan mengevaluasi penerapan sistem yang ada dan setiap individu harus taat terhadap aturan yang berlaku," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com