Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Masih Jadi Raja Jalan Tol di Indonesia

Kompas.com - 05/03/2024, 08:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk masih menjadi raja jalan tol di Indonesia.

Pasalnya, Perseroan masih memegang posisi market leader di industri jalan tol dengan total panjang jalan tol Jasa Marga Group yang telah beroperasi sepanjang 1.264 kilometer.

Di mana jumlah itu merepresentasikan 47 persen jalan tol beroperasi di seluruh Indonesia.

"Jumlah ini termasuk penambahan pengoperasian Jalan Tol Serpong-Cinere Seksi 2 Ruas Pamulang-Cinere sepanjang 3,64 Km sejak 22 Desember 2023 yang dikelola oleh PT Cinere Serpong Jaya (CSJ)," ujar Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga, Lisye Octaviana dikutip dari laman resmi, Senin (04/03/2024).

Sementara itu, total konsesi jalan tol yang dimiliki oleh Jasa Marga di Indonesia adalah 1.736 kilometer.

"Jumlah konsesi ini termasuk penambahan konsesi terbaru yang diperoleh Perseroan yaitu Jalan Tol Akses Patimban sepanjang 37,05 Km yang dikelola oleh PT Jasamarga Akses Patimban (JAP)," terangnya.

Baca juga: Jasa Marga Kantongi Laba Bersih Rp 6,8 Triliun Sepanjang Tahun 2023

Sepanjang tahun 2023, Jasa Marga juga mencatat peningkatan lalu lintas harian rata-rata (LHR) di jalan tol Jasa Marga Group.

Realisasi LHR di jalan tol Jasa Marga Group mencapai 3,5 juta kendaraan setiap harinya, meningkat sebesar 5,3 persen dibandingkan dengan LHR tahun lalu.

Di sisi lain, dalam mengelola proyek jalan tol baru, Jasa Marga berkomitmen untuk mencapai target yang sudah ditetapkan dengan seoptimal mungkin, tetap mengendalikan aktivitas konstruksi jalan tol secara bertahap.

Saat ini, Perseroan memiliki beberapa proyek yang tengah berjalan yaitu, Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Jalan Tol Akses Patimban, Jalan Tol Yogyakarta-Bawen, Jalan Tol Solo-Yogyakarta-NYIA Kulonprogo, dan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com