Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Percantik Jalan Tol yang Dikelola, Jasa Marga Lakukan Beautifikasi

Kompas.com - 20/02/2024, 09:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk berupaya dalam meningkatkan kualitas jalan tol melalui program beautifikasi dan landscaping di ruas tol yang dikelola sebagai bagian pengelolaan berkelanjutan.

Tidak hanya penambah estetika, program beautifikasi ini juga mengurangi dampak polusi untuk menambah kenyamanan pengguna jalan ketika berkendara.

Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengungkapkan, upaya yang dilakukan oleh Jasa Marga Group juga selaras dengan komitmen Kementerian PUPR melalui Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) terkait peningkatan kualitas jalan tol.

Baca juga: Simak Progres Tol Japek II Selatan, Dua Ruas Kelar Tahun 2024

"Sejumlah upaya yang telah dilakukan Jasa Marga antara lain dengan penghijauan dan landscaping melalui penanaman pohon, perawatan taman, serta beautifikasi landscaping baik di interchange, gerbang tol, kantor gerbang, dan di sepanjang jalur tol,” ujar Lisye dalam keterangan tertulis, Senin (19/2/2024).

Pada upaya beautifikasi di beberapa ruas tol, Jasa Marga Group telah memasang planter tanaman, membersihkan area penanaman dan penanaman beberapa tanaman hias di area lereng atau bukit yang selalu dijaga keasriannya melalui penyedia layanan Jasa Marga yakni Jasamarga Tollroad Maintenance atau JMTM.

Dalam menanam tanaman di sepanjang jalan tol, digunakan teknik untuk mengurangi pencemaran udara, menambah keindahan, kenyamanan, keharmonisan dan tidak mengabaikan faktor keselamatan (safety factor), serta memperhatikan benih atau bibit tanaman.

Lisye menambahkan, upaya beautifikasi tidak hanya sebagai pemenuhan salah satu Standar Pelayanan Minimal (SPM), namun secara tidak langsung juga meningkatkan citra dan branding perusahaan serta mendukung program keberlanjutan perusahaan di bidang lingkungan.

“Jasa Marga selalu berkomitmen dalam meningkatkan pemenuhan SPM," tambah Lisye.

Baca juga: Segera Berlaku Tarif Integrasi Tol Japek dan Jalan Layang MBZ

Hal ini juga dibuktikan melalui penghargaan Sertifikasi Green Toll Road Indonesia predikat Gold untuk Jalan Tol Gempol-Pandaan yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Tol atau JPT.

Kemudian, Jalan Tol Pandaan-Malang yang dikelola oleh PT Jasamarga Pandaan Malang atau JPM, dan Jalan Tol Bali Mandara yang dikelola oleh PT Jasamarga Bali Tol.

Perseroan juga kembali meraih penghargaan Jalan Tol Berkelanjutan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Penghargaan yang dimaksud yakni predikat Jalan Tol Terbaik I untuk 3 kategori sekaligus yaitu Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang lebih dari 50 kilometer untuk Jalan Tol Jagorawi, Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang 15-50 kilometer untuk Jalan Tol Pandaan-Malang, dan Terbaik I Kategori Jalan Tol Panjang kurang 15 kilometer untuk Jalan Tol Sedyatmo.

Pengelolaan Rest Area jalan tol melalui anak usaha PT Jasamarga Related Business atau JMRB juga berhasil diganjar predikat Rest Area Terbaik I untuk Rest Area Km 88B Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com