Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Japek Bakal Punya Akses Baru Menuju Stasiun Kereta Cepat Halim

Kompas.com - 18/02/2024, 09:22 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyiapkan akses baru menuju Stasiun Kereta Cepat Halim di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek).

Akses baru ini tepatnya berada di Km 1+842 Tol Japek. Pembangunan konstruksi gerbang tol  (GT) dan akses baru tersebut sudah memasuki tahap akhir.

Saat ini pihak terkait sedang menindaklanjuti perbaikan atas uji laik fungsi (ULF) yang dilakukan oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian.

Adapun akses baru tersebut disediakan menyusul adanya penutupan akses proyek menuju Stasiun Halim di Tol Japek Km 00+850 A secara permanen pada 18 Februari 2024.

Akses ini sebelumnya dimanfaatkan khusus kendaraan dan pekerja proyek selama masa pembangunan Kereta Cepat Whoosh.

Kereta Cepat Whoosh telah resmi beroperasi sejak 2 Oktober 2023 dan dioperasikan oleh PT KCIC.

Baca juga: Jumlah Penumpang Whoosh Naik 50 Persen pada Libur Panjang

Oleh karena itu, melalui koordinasi bersama PT KCIC dan Kepolisian, akses masuk proyek di Km 00+850 Tol Japek harus ditutup karena masa pembangunan sudah selesai dan dikembalikan seperti semula demi keamanan serta kenyamanan pengguna jalan tol.

Selain itu, dalam waktu dekat juga akan dilakukan relokasi akses contraflow yang sebelumnya mulai dari Km 00+200 menjadi mulai dari Km 01+400 tepatnya melalui GT Halim 3 Tol Japek menuju Tol Dalam Kota.

Sehingga, jika akses proyek di Km 00+850 A masih dioperasikan, dikhawatirkan akan membahayakan keamanan dan keselamatan pengguna jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com