Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Februari, Akses Tol ke Stasiun Kereta Cepat Halim Ditutup Permanen

Kompas.com - 16/02/2024, 08:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Demi keselamatan dan keamanan pengguna jalan dan penumpang kereta cepat Whoosh, akses proyek menuju stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim yang berada di Jalan Tol Jakarta-Cikampek KM 00+850 A akan ditutup secara permanen pada Minggu (18/02/2024).

Penumpang yang akan menuju Stasiun Halim dapat menggunakan Jl. Akses Kereta Cepat Halim Perdana Kusuma melalui Jl. DI Panjaitan.

Manager Corporate Communication KCIC, Emir Monti menyampaikan, sebelumnya akses tol di KM 00+850 A merupakan jalur keluar masuk kendaraan proyek pada masa pembangunan.

Namun karena pembangunan Kereta Cepat Whoosh sudah selesai, melalui kordinasi bersama Jasamarga dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, demi keselamatan dan keamanan, akses proyek tersebut harus ditutup.

Apalagi saat ini, KCIC bersama dengan Jasa Marga dan Kementerian PUPR pun sedang melakukan pengadaan akses Tol KM 1+842 Tol Jakarta-Cikampek.

Akses tol nantinya juga akan menjadi salah satu akses menuju Stasiun Kereta Cepat Halim.

Baca juga: Jumlah Penumpang Whoosh Naik 50 Persen pada Libur Panjang

Adapun penutupan akses proyek menuju Stasiun Kereta Cepat Whoosh Halim ini juga menjadi bagian dari pengaturan lalu lintas jalan ruas Tol Jakarta-Cikampek yang sejajar dengan akses jalur proyek bukaan tol baru menuju Stasiun Halim yang saat ini sedang berlangsung.

"Nantinya juga akan diberlakukan kontra flow dalam proses pembangunan akses tol yang baru. Sehingga jika akses proyek KM 00+850 A masih dioperasikan, dikhawatirkan akan membahayakan keamanan keselamatan pengguna jalan," jelas Emir Monti dikutip dari laman resmi KCIC.

Meski begitu, dia mengatakan, penumpang kereta cepat Whoosh tidak perlu khawatir akan kesulitan mengakses stasiun Halim.

Selain melalui akses Jalan DI Panjaitan, penumpang juga bisa menggunakan sejumlah transportasi umum yang telah disiapkan untuk memudahkan penumpang menjangkau Stasiun Kereta Cepat Halim yaitu Transjakarta 7W rute Cawang-Jalan Mayjen Sutoyo-Jalan DI Panjaitan-Stasiun Halim, LRT Jabodebek dengan rute Dukuh Atas-Jati Mulya, dan Taksi.

"Melalui aksesibilitas dan integrasi yang baik, diharapkan semakin banyak masyarakat yang tertarik untuk beralih dari transportasi pribadi ke transportasi umum khususnya Whoosh," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com