Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Whoosh di Luar Jam Sibuk, Kena Tarif Lebih Murah mulai Rp 150.000

Kompas.com - 29/01/2024, 11:43 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat bisa melakukan perjalanan rute Jakarta-Bandung maupun sebaliknya menggunakan Kereta Cepat Whoosh dengan harga tiket mulai dari Rp 150.000.

Hal ini menyusul adanya penerapan skema tarif dinamis untuk perjalanan Whoosh yang lebih fleksibel mulai Rp 3 Februari 2024.

Dengan skema baru ini, tarif Whoosh kelas Premium Economy akan berkisar Rp 150.000, Rp 175.000, Rp 200.000, Rp 225.000, hingga Rp 250.000.

General Manager Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Eva Chairunisa mengatakan, penerapan tarif dinamis ini memungkinkan penumpang mendapatkan tiket Whoosh dengan harga yang lebih hemat bila melakukan perjalanan pada waktu tertentu.

"Dalam skema baru ini dimungkinkan dalam satu hari terdapat beberapa tarif yang berbeda untuk perjalanan Whoosh," ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi, Senin (29/1/2024).

Beberapa faktor yang memengaruhi penentuan tarif dinamis di antaranya jam sibuk (peak hour) atau jam non-sibuk (off peak hour), momen liburan (high season) atau non-liburan (low season), atau hari kerja ataupun akhir pekan.

Baca juga: Whoosh Bikin Permintaan Rumah di Bandung dan Sekitarnya Melesat

Pada high season atau peak hour akan ditawarkan tarif yang lebih tinggi, sebaliknya pada moment off peak tentunya akan ditawarkan tarif yang lebih murah.

Penumpang diberi alternatif perjalanan dengan tarif yang berbeda-beda untuk menyesuaikan kebutuhan, keinginan dan daya belinya.

Masyarakat yang ingin menggunakan Whoosh dapat melakukan pemesanan melalui saluran resmi, seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine dan Loket resmi di stasiun, serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com