Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

582 Barang Penumpang Whoosh Tertinggal, Total Nilainya Rp 500 Juta

Kompas.com - 15/01/2024, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah mengamankan ratusan barang penumpang Kereta Cepat Whoosh yang tertinggal.

Melalui sistem Lost and Found, total nilai barang penumpang yang tertinggal mencapai sekitar Rp 500 juta.

Barang tertinggal yang diamankan petugas akan langsung melalui proses pendataan dan penyimpanan sistem Lost and Found.

Ini dilakukan untuk memudahkan proses pencarian dan pengembalian saat terdapat penumpang yang melaporkan barang tertinggal.

KCIC juga memanfaatkan sistem pengamanan berupa perangkat CCTV yang telah tersebar di sejumlah titik, baik di stasiun maupun di kereta, jika dibutuhkan untuk proses penanganan barang tertinggal.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, sejak pertama kali dioperasikan, tercatat sudah sebanyak 582 barang yang tertinggal oleh penumpang di stasiun maupun di dalam Whoosh.

Barang yang tertinggal mulai dari laptop, handphone, uang tunai, perhiasan, aksesoris, koper, tas, alat makan dan minum, hingga dokumen pribadi seperti kartu identitas dan paspor.

"Sistem yang dibangun dan petugas yang profesional membuat pengembalian barang ke penumpang rata-rata hanya membutuhkan waktu lebih kurang 1 jam sejak dilaporkan, namun tentunya kami juga membutuhkan kerjasama dari penumpang agar segera melaporkan jika terdapat barang tertinggal," ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi.

Baca juga: Makin Nyaman Pakai Whoosh, Ada Fasilitas Park and Ride di Stasiun

Penumpang dengan barang tertinggal dapat menghubungi cs@kcic.id atau langsung bertemu petugas yang berada di stasiun maupun di kereta.

Kemudian sampaikan deskripsi barang yang hilang, waktu kejadian, dan nomor tiket jika yang bersangkutan merupakan penumpang.

Eva menekankan, meski ini merupakan komitmen petugas untuk menjaga barang-barang penumpang, namun seluruh penumpang tetap diimbau agar tetap menjaga barang bawaan mereka selama berada di stasiun maupun dalam perjalanan dengan Whoosh.

"Kami ingin para penumpang merasa percaya diri dan aman saat menggunakan layanan Whoosh. Pencapaian ini mencerminkan komitmen berkelanjutan kami dalam menyediakan layanan transportasi yang andal dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia," tukas Eva.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com