Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Pemenang Lomba Kartun Kereta Cepat Whoosh

Kompas.com - 22/12/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China atau PT KCIC resmi menutup gelaran lomba pembuatan kartun dan komik kereta cepat ‘’Whoosh’’ Jakarta–Bandung atau Whoosh International Cartoon Contest 2023.

Acara tersebut digelar secara meriah di Jimbaran Garden, Jakarta pada Kamis (21/12/2023) malam.

Direktur Manajemen Proyek dan Pengembangan Bisnis PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Allan Tandiono mengatakan pihaknya senang karena Whoosh International Cartoon Contest bisa mengumpulkan banyak kartunis di tingkat internasional dan mendapatkan karya terbaik yang menggambarkan peradaban baru, "Lifestyle Whoosh".

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Dijamin Aman Melintas saat Musim Hujan

‘’Ini sebuah soft diplomasi yang baik dimana kita bisa showcase bahwa kerja sama dengan China bukan masalah bisnis saja, bukan teknologi saja tapi ada sharing budaya,’’ungkap Allan dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dikatakan, KCIC ingin memanfaatkan kontes seperti ini untuk memberikan publikasi ke banyak orang terkait Whoosh

“Karya pemenang lomba komik ini telah dicetak menjadi buku dan didistribusikan di tempat, serta dipamerkan secara berkeliling di empat stasiun Kereta Cepat Jakarta-Bandung,” jelas Allan.

Pada kesempatan yang sama, Sekjen Persatuan Kartunis Indonesia (Pakarti) Agus Widodo menyampaikan media kartun dan komik saat ini tak lagi menjadi sekedar hiburan namun dapat dimanfaatkan untuk edukasi dan menyampaikan informasi penting.

‘’Kami harap kerjasama ini tidak berhenti disini. Paling tidak di tahun berikutnya ada lagi kontes. Lomba ini setidaknya bisa memberikan secercah harapan agar para kartunis bisa berkarya dan punya masa depan,” tegas Agus.

Penghargaan kompetisi dibagi menjadi dua kategori: Kartun dan Komik, meliputi 2 hadiah pertama, 2 hadiah kedua, 2 hadiah ketiga, dan 20 penghargaan keunggulan.

Baca juga: Ketahui, Ini Arti Kata Argo dalam Nama Kereta Api

Para pelukis pemenang penghargaan banyak yang berasal dari Indonesia, China, Kuba, Iran, Rumania, dan Italia.

Tercatat sebanyak 296 pelukis mengikuti kompetisi dari 40 negara, dan pihak penyelenggara telah menerima 424 karya kartun dan 97 karya komik.

Pelukis remaja yang merupakan penyandang autisme asal Surabaya Vincent Prijadi Purwono berhasil meraih penghargaan khusus.

Kartun Woosh Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang dibuat oleh Vincent mendapat pujian dari Presiden Jokowi. Bahkan lukisannya disimpan di Istana Kepresidenan.

Tiga kartunis ternama Indonesia yakni Toni Masdiono, Beng Rahadian serta Tommy Thomdean dipercaya untuk menjadi juri.

Berikut daftar pemenang Whoosh International Cartoon Contest 2023 : 

Pemenang Kategori Kartun

- Juara I : Agus Harsanta (Indonesia) Rp 15.000.000
- Juara II: Munadi (Indonesia) Rp 7.500.000
- Juara III: Roberto Castillo Rodriguez (Cuba) Rp 2.500.000

Pemenang Kategori Komik

- Juara I: Nana Maulana (Indonesia) Rp 25.000.000
- Juara II: Dimas Rajendra Sadewa (Indonesia) Rp 15.000.000
- Juara III : Liu Ke (China) Rp 5.000.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com