Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KCIC Permudah Pemesanan Tiket Kereta Cepat lewat Aplikasi Whoosh

Kompas.com - 25/10/2023, 17:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) Whoosh sudah dapat diakses melalui berbagai aplikasi mobile digital. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mudah untuk memesan dan membeli tiket.

Kemudahan ini sekaligus melengkapi teknologi informasi terkini yang menyertai operasionalisasi kereta cepat Whoosh.

"Masyarakat dapat secara mudah mengakses tiket kereta Whoosh langsung dari genggaman tangannya," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, seperti dikutip dari keterangan tertulis, Selasa (25/10/2023).

Selain itu, pembelian tiket kereta cepat juga dapat dilakukan melalui Access By KAI dan Livin Mandiri sementara sejumlah aplikasi mobile lainnya seperti BRI mo dan BNI Mobile Banking dalam waktu dekat juga dapat mengakomodasi pembelian tiket kereta cepat.

Baca juga: Ramai Peminat, Perjalanan Kereta Cepat Whoosh Ditambah

Saat ini, melalui kerjasama yang dilakukan, fitur pembayaran menggunakan virtual account dari Bank Mandiri, BNI dan BRI tersebut juga telah dapat mengakomodir pada transaksi pembelian tiket Kereta Cepat Whoosh di berbagai platform penjualan tiket.

Aplikasi Kereta Cepat Whoosh sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store. Dengan aplikasi Whoosh, penumpang akan lebih mudah untuk melihat jadwal, melakukan pemesanan, hingga melakukan boarding melalui QR Code tiket yang akan muncul di Aplikasi setelah melakukan pemesanan.

Untuk saat ini, KCIC menggelar promo tiket seharga Rp 150.000 untuk satu kali perjalanan yang bisa didaptkan melalui aplikasi Whoosh.

Tarif promo berlaku untuk perjalanan rute Halim-Padalarang, Halim-Tegalluar, dan sebaliknya. Promo tersebut berlaku untuk keberangkatan 18 Oktober hingga 30 November 2023.

Penerapan berbagai promo ini akan terus dilakukan karena kereta cepat Whoosh adalah kereta komersial, KCIC akan menggunakan strategi dynamic pricing sehingga penerapan tarif akan mengikuti pola permintaan atau strategi perusahaan dengan menggunakan perhitungan dan kajian yang tepat.

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Berhasil Angkut 11.329 Orang dalam Satu Hari

Langkah tersebut merupakan upaya mendukung pemerintah untuk mengurangi kemacetan dan polusi sebagai dampak tingginya penggunaan kendaraan di jalan raya.

Diharapkan melalui beragam promo tiket kereta cepat Whoosh yang dihadirkan dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan transportasi publik berbasis rel khususnya mengalihkan pengguna jalan raya yang beraktifitas di jalur Jakarta-Bandung agar menggunakan kereta cepat.

Sejak penjualan dibuka pada 14 Oktober, ada 10.200 tiket yang sudah dipesan masyarakat selama tiga hari operasional. Sebanyak 3.050 pemesanan tiket perorangan dan sekitar 7.150 lainnya merupakan pemesanan tiket rombongan.

Perjalanan menggunakan kereta cepat Whoosh menyingkat waktu tempuh dari Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya dari 3 jam menjadi 40 menit.

Penumpang dari Jakarta menuju Kota Bandung dapat transit di Stasiun kereta cepat Padalarang yang dibangun oleh China Railway Group (CREC).

Baca juga: Jalan-jalan Naik Kereta Cepat Whoosh Banjir Promo, Cek di Sini

Dari Stasiun Padalarang, penumpang beralih menggunakan KA Feeder menuju stasiun kota Bandung. Selain Kota Bandung, kereta cepat Whoosh juga menghubungkan sejumlah area wisata lainnya seperti Stadiun Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Penumpang dari Jakarta dapat memesan tiket menuju Stasiun kereta cepat Tegalluar. Dari sana, penumpang dapat dengan mudan memilih moda transportsi umum lain sesuai keinginan untuk menuju GBLA atau lokasi lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com