Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makin Nyaman Pakai Whoosh, Ada Fasilitas "Park and Ride" di Stasiun

Kompas.com - 09/01/2024, 16:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan fasilitas park and ride di sejumlah stasiun.

Fasilitas ini disediakan untuk memudahkan para penumpang Whoosh yang ingin melakukan perjalanan pulang pergi dari Jakarta ke Bandung dalam satu hari.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan, 48 persen penumpang Kereta Cepat Whoosh adalah masyarakat yang sebelumnya menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Jakarta atau Bandung.

Dengan demikian, diperlukan fasilitas park and ride yang nyaman, agar semakin banyak masyarakat yang menggunakan transportasi Umum.

"Banyak penumpang yang memanfaatkan Whoosh pagi dari Halim, kemudian berlibur di Bandung, dan kembali ke Jakarta pada malam hari. Penumpang tidak perlu lagi repot-repot menggunakan kendaraan sendiri ke Bandung dan cukup memanfaatkan fasilitas parkir yang nyaman dan aman yang telah KCIC sediakan," ujar Eva, dikutip dari keterangan resmi.

Fasilitas ini tersedia di Stasiun Halim dengan kapasitas 212 mobil dan di Stasiun Tegalluar dengan kapasitas 107 mobil dan 220 motor.

Baca juga: Libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Whoosh Angkut 220.227 Penumpang

Sementara fasilitas park and ride di Stasiun Bandung dan Stasiun Padalarang juga telah tersedia di area parkir stasiun milik KAI.

Selain berdasarkan jam, layanan parkir di Stasiun Kereta Cepat juga mengakomodir fasilitas menginap.

Untuk kemudahan transaksi dan mendukung gerakan non-tunai, pembayaran parkir di kedua stasiun kereta cepat tersebut seluruhnya sudah menggunakan Kartu Uang Elektronik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com