Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Janji Prabowo-Gibran Terkait Sumber Daya Air dan Sanitasi

Kompas.com - 15/02/2024, 14:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka untuk sementara unggul dalam hal perolehan suara versi hitung cepat (quick count) Litbang Kompas.

Berdasarkan Quick Count Litbang Kompas pada Kamis (15/02/2024) pukul 12.58 WIB dengan jumlah data masuk 93,90 persen, Prabowo-Gibran meraih 58,60 persen.

Sementara untuk dua pasangan lainnya yaitu Anies-Cak Imin mendapatkan 25,26 persen, dan Ganjar-Mahfud 16,15 persen.

Menilik kembali janji-janji kampanye Prabowo-Gibran, salah satu hal yang digaungkan pasangan Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu ialah terkait sumber daya air dan sanitasi.

Gibran pernah mengatakan, penuntasan stunting dan ketersediaan sanitasi menjadi dua isu yang mereka perhatikan dalam program kerja mereka.

Sebab, menurut dia, kedua hal itu menjadi pendorong untuk menciptakan generasi emas di masa mendatang.

"Masalah sanitasi dan air bersih penting sekali karena kami paslon nomor urut 2 ingin menyiapkan generasi emas yang sehat dan pintar," ujar Gibran saat debat cawapres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (22/12/2023).

"Masalah stunting kita juga intervensi tempat tinggalnya. Kita tidak bisa hanya memberikan tambahan untuk ibu hamil dulu tapi kita tidak menyentuh rumah tinggalnya," sambung Gibran.

Baca juga: Kala Prabowo-Gibran Berjanji Lanjutkan Pembangunan IKN

Oleh sebab itu lanjut dia, ketika dirinya terpilih menjadi Calon Wakil Presiden periode 2024-2029 akan bekerja secara paralel baik untuk stunting, pemenuhan gizi hingga sanitasi.

"Ini semua paralel kita kerjakan, pemenuhan gizi, sanitasi, drainase hingga air bersih kawasan kumuh kita siapkan paralel," pungkas Gibran.

Lebih lanjut, janji-janji Prabowo-Gibran tentang sumber daya air dan sanitasi tertuang di dalam dokumen visi misinya.

Di dalam visi "Bersama Indonesia Maju, Menuju Indonesia Emas 2045", terdapat 8 Misi Asta Cita, 8 Program Hasil Terbaik Cepat, dan 17 Program Prioritas.

Salah satu dari 17 program prioritas Prabowo-Gibran ialah mencapai swasembada pangan, energi, dan air.

Khusus untuk air, disebutkan bahwa kecukupan air akan dijamin melalui manajemen air yang baik sehingga tersedia pada saat kemarau dan tidak menyebabkan bencana saat musim hujan.

Selain itu, di dalam Program Kerja Asta Cita 2, salah satu poinnya ada yang berjudul swasembada air.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com