Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

75,89 Persen Pembelian Rumah Masyarakat Pakai KPR

Kompas.com - 19/02/2024, 18:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Hasil survei Bank Indonesia (BI) menunjukkan bahwa Kredit Pemilikan Rumah (KPR) masih menjadi skema pembiayaan utama bagi masyarakat saat membeli rumah.

Pasalnya, KPR memiliki pangsa sebesar 75,89 persen dari total pembiayaan masyarakat dalam pembelian rumah primer pada Triwulan IV-2023.

Kemudian, diikuti skema pembiayaan lainnya berupa pembayaran tunai bertahap sebanyak 17,24 persen, dan tunai 6,73 persen.

Pada kuartal terakhir tahun 2023 itu, total nilai kredit KPR dan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) secara tahunan tumbuh 12,17 persen (yoy).

Persentase itu relatif stabil dibandingkan pertumbuhan pada triwulan sebelumnya yang tercatat sebesar 12,32 persen (yoy).

Baca juga: KPR Tetap Moncer di Tengah Kinerja Properti yang Tumbuh Terbatas

Relatif stabilnya penyaluran KPR dan KPA secara tahunan ditopang oleh masih meningkatnya penyaluran KPR dan KPA secara triwulanan pada Triwulan IV-2023.

Di mana jumlahnya sebesar 2,63 persen (qtq), meskipun itu masih lebih rendah dari triwulan sebelumnya yakni 4,93 persen (qtq).

Dari sisi pencairan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), total pencairan FLPP pada Triwulan IV-2023 sebesar Rp 7,410 triliun, atau terkontraksi 7,76 persen (yoy).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com