Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

April 2024, Proyek Tol Cigatas Dilelang

Kompas.com - 29/02/2024, 13:06 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melelang proyek Jalan Tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas) pada April 2024.

Hal ini disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melakukan pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Jawa Barat Bey Triadi Machmudin di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Sesuai namanya, tol ini akan menghubungkan Cileunyi, Kabupaten Bandung, dengan Kabupaten/Kota Garut dan Kabupaten/Kota Tasikmalaya.

Menteri Basuki mengatakan, Kementerian PUPR telah membahas detailnya untuk tahap pra-kualifikasi dan perubahan desain yang memerlukan adendum.

"Setelah tuntas, pada April 2024 akan diproses lelang, dan ditargetkan pada Juni 2024 sudah ada penetapan pemenangnya. Sesudahnya kita bisa mulai pelaksanaan konstruksinya," ungkap Menteri Basuki.

Selain Tol Cigatas, Basuki juga membahas mengenai rencana pembangunan Jalan Tol Dalam Kota Bandung (Bandung Intra Urban Toll Road (BIUTR)).

Baca juga: Percepat Proyek Tol Pertama di Jambi, HK Gunakan Teknologi Ini

Pembangunan Tol Dalam Kota Bandung tersebut ditujukan untuk mengatasi kemacetan di kawasan metropolitan Bandung.

"Kami sepakat untuk meneruskan rencana pembangunan tol BIUTR yang diprakarsai pemerintah. Kami akan siapkan segera," kata Menteri Basuki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com