Kompas.com - 30/06/2022, 18:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR akan memepersiapkan tenaga kerja lokal untuk terlibat dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Caranya melalui pembinaan tenaga kerja konstruksi, seperti untuk tenaga ahli, instruktur, asesor, dan pemanfaatan BIM.

Direktur Jenderal Bina Konstruksi Yudha Mediawan menyampaikan, bakal melaksanakan pelatihan dan sertifikasi terhadap tenaga kerja lokal agar menjadi SDM konstruksi yang berkompeten.

Baca juga: Pengelolaan IKN Nusantara Tak Bisa Bergantung Dari APBN Saja

"Baik itu juga nanti pemagangan dari tenaga dari sekolah vokasi," ujar Yudha dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Komisi V DPR RI, Rabu (29/06/2022), dikutip dari laman Ditjen Bina Konstruksi.

Pihaknya pun kini sedang melakukan sosialisasi terkait pelaksanaan SE Menteri PUPR No 10/2022 tentang panduan operasional tertib penyelenggaraan keselamatan konstruksi di PUPR bagi satker, PPK, dan penyedia jasa.

Sehingga diharapkan melalui SE tersebut dapat menjamin tenaga kerja yang ikut dalam pembangunan proyek di IKN.

Baca juga: Daftar Lengkap Pemenang Sayembara Istana Wapres hingga Kantor Legislatif IKN

 

"Seperti penyediaan fasilitas untuk tenaga kerja, manajemen lalu lintas, hingga pengelolaan lingkungan," tandasnya.

Selain itu, Yudha menjelaskan bahwa Ditjen Bina Konstruksi juga tengah melakukan pemetaan suply demand untuk pengadaan material, dan peralatan konstruksi (MPK).

"Termasuk juga material baik itu semen, kemudian pasir, batu, besi, kita sedang mengumpulkan data dari demand di lokasi tersebut dan juga mengecek ketersediaannya," pungkasnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.