Kompas.com - 30/06/2022, 20:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - IKN Nusantara ditargetkan bisa masuk dalam daftar 10 besar kota paling layak huni di dunia pada tahun 2045 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Kordinator Tim Ahli Tim Transisi Pendukung Persiapan, Pembangunan, dan Pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) Wicaksono Sarosa dalam Diskusi Internal Terbatas (DIT)-HUD Seri 5: Skenario Pengembangan Kota, Kamis (30/6/2022).

“Ada 24 key performance indicator (KPI) di IKN, di mana salah satunya adalah IKN Nusantara bisa masuk dalam 10 besar kota paling layak huni di dunia pada tahun 2045,” jelas Wicaksono.

Baca juga: Pemerintah Kota London Jajaki Peluang Investasi di IKN Nusantara

Selain itu, ia menambahkan pada tahun 2045 juga pemerintah manargetkan bahwa IKN seluruh permukiman di kawasan prioritas IKN sudah memiliki akses terhadap infrastruktur penting.

Untuk ditetapkan sebagai kota layak huni banyak indikator yang harus dipenuhi oleh sebuah kota.

Saat ini, laporan mengenai kota paling layak huni di dunia termuat dalam The Global Liveability Index yang dirilis oleh Divisi penelitian dan analisis dari perusahaan The Economist Group, Economist Intelligence Unit (EIU).

Terdapat lima indikator utama yang menjadi dasar penilaian dalam menentukan kelayakan sebuah kota untuk dihuni. 

Indikator tersebut antara lain stabilitas, layanan kesehatan, pendidikan, infrastruktur serta kebudayaan dan lingkungan.

Agar IKN Nusantara mencapai target ini, tentunya diperlukan kerja keras dari semua pihak baik pemerintah maupun masyrakat.

Merujuk pada The Global Liveability Index 2022, IKN saat ini yaitu Jakarta masuk dalam daftar 20 kota yang memiliki indeks layak huni terendah, tepatnya ada di peringkat 151 dari 172 negara yang disurvei oleh EIU.

Baca juga: Songsong Pembangunan IKN, Tenaga Kerja Lokal Bakal Dilatih

Sementara itu, Singapura menjadi kota paling layak huni di Asia Tenggara dibandingkan 9 negara lain yang disurvei. Namun secara global, kota Singapura masih ada di peringkat ke-40.

Ibu kota Austria, Wina, tahun ini dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia dengan total nilai indeks 99,1.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.