Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Depok Dorong UMKM Lokal Bisa “Go Digital”

Kompas.com - 09/05/2024, 08:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS,com - Walikota Depok, Mohammad Idris, mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal bisa naik kelas dan Go Digital.

Hal itu ia sampaikan langsung dalam acara Temu Bisnis Peluncuran Program Depok Ekonomi Pro Rakyat OK (Deprok) di Aula Serbaguna Gedung Dibaleka II Balai Kota Depok, Rabu (06/02/24).

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Depok melalui Bagian Pengadaan Barang dan Jasa, Sekretariat Daerah (Setda) telah memperkenalkan program Deprok yang merupakan platform belanja online.

Platform ini didukung oleh mitra resmi toko daring Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang atau Jasa Pemerintah (LKPP) Republik Indonesia, marketplace Mbizmarket.

Program Deprok dirancang agar transformasi pengadaan barang/jasa menjadi transparan, akuntabel, efektif dan efisien, serta dapat memberdayakan usaha kecil, dan memberikan kesempatan kepada masyarakat Kota Depok berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah.

Baca juga: Siapkan Alih Media Sertifikat Tanah Elektronik, Ini Strategi Kantah Depok

“Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk terus bersinergi dan berkolaborasi dengan pemerintah pusat, maupun swasta. Salah satunya dengan Mbizmarket, untuk membangun wirausaha baru di Kota Depok, agar UMKM di Kota Depok bisa Go Digital,” jelasnya sebagaimana dikutip dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/5/2024). 

Ia berharap program ini dapat mendorong UMKM untuk semakin maju, dapat menguasai teknologi terkini, dan membuka lapangan kerja baru, khususnya bagi warga Kota Depok.

Berdasarkan data transaksi, hingga 31 Desember 2023, transaksi Kota Depok melalui platform Mbizmarket telah mencapai lebih dari Rp 48 milyar, yang berasal dari 11.280 pesanan.

Sejumlah 61 persen atau Rp 29 miliar berasal dari kategori makanan dan minuman, jasa kreatif, kebutuhan kantor dan peralatan elektronik.

Baca juga: Factory Outlets Cikarang Digelar, Hadirkan Produk UMKM

Total transaksi di Kota Depok berasal dari 30 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Hingga kini lebih dari 500 penyedia telah terdaftar di platform Mbizmarket, dan sekitar 300 penyedia berpartisipasi aktif memenuhi kebutuhan pengadaan barang/jasa Kota Depok.

Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Kota Depok, Indah Lestari Dewi mengatakan Pemerintah Kota Depok telah bertransaksi di Mbizmarket sejak Januari 2023.

“Kami berharap, akan lebih banyak lagi UMKM yang bergabung di toko daring khususnya Mbizmarket, untuk berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah,” ujarnya.

Menurut Indah, kini telah tayang lebih dari 143.000 produk di platform Mbizmarket. Terbanyak adalah perlengkapan rumah tangga, kantor, serta jasa, yang di dalamnya terdapat makanan dan minuman.

Dari 496 pelaku usaha yang terdaftar, 200 lebih pelaku usaha adalah Pengusaha Kena Pajak (PKP), dan selebihnya dalah non-PKP.

“Pemkot Depok berterima kasih kepada Mbizmarket Mitra Resmi Toko Daring LKPP yang senantiasa bersedia untuk berkolaborasi dan bersinergi untuk membangun UMKM di Kota Depok,” tambah Indah.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com