Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2022, 20:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin Anda pernah membaca informasi tentang manfaat kopi untuk tanaman. Kopi mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan tanaman dan cocok digunakan sebagai pupuk tanaman.

Meskipun menyirami tanaman dengan benar sangat penting untuk menjaga tanaman tetap hidup dan sehat, akankah menyiram tanaman dengan kopi akan memperbaiki kondisi tanaman?

Bisakah menyiram tanaman dengan kopi?

Dikutip dari Gardening Etc, Sabtu (3/9/2022), jawabannya adalah ya, tetapi beberapa peringatan. Pertama, Anda harus mengekang antusiasme tentang betapa bermanfaatnya kopi bagi tanaman.

Baca juga: 10 Manfaat Kopi untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk dan Cegah Penyakit

Ilustrasi menyiram tanaman.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi menyiram tanaman.

Larry Hodgson, praktisi berkebun, menyatakan bahwa kopi cair sebagian besar adalah air. Memang benar bahwa kopi juga mengandung ratusan senyawa yang berbeda, beberapa di antaranya baik untuk tanaman, namun yang lain mungkin berbahaya, misalnya kafein, dan sebagian besar cukup tidak berbahaya.

Namun, pada akhirnya, fakta bahwa kopi diencerkan berarti bahwa bahkan yang berbahaya akan terurai dengan cepat dalam kontak dengan mikroba dalam media tanam.

Ini adalah hal yang baik. Anda mungkin tidak akan membunuh tanaman dengan kopi selama Anda memastikan kopi dingin sebelum disiram.

Ya, kopi mengandung nitrogen, tetapi dalam jumlah kecil yang tidak mungkin membuat banyak perbedaan baik untuk tanaman hias Anda.

Baca juga: Benarkah Bubuk Kopi Dapat Mengusir Tikus?

Jika Anda memutuskan untuk sesekali menggunakan kopi untuk menyiram tanaman, pastikan kopi yang digunakan adalah kopi hitam, tanpa tambahan gula atau susu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com