Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Cara Menggunakan Cangkang Telur untuk Tanaman agar Sehat dan Subur

Kompas.com - 02/09/2022, 23:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa orang kerap membuang cangkang telur usai mengambil isinya untuk dimasak.

Namun, manfaat cangkang telur untuk tanaman cukup beragam. Bahkan, hanya dengan direbus saja mereka sudah memberi keuntungan bagi tanaman agar bisa tumbuh lebih sehat dan lebih subur.

Baca juga: Manfaatkan Cangkang Telur untuk Mencegah Bunga Rontok pada Tanaman

Pegiat tanaman hias dan pemilik akun YouTube Kebun Indra Tarigan, Indra Tarigan, mengatakan, cangkang telur mengandung banyak unsur kalsium dan kalium yang sangat dibutuhkan tanaman.

“Terutama bagi tanaman-tanaman berbuah agar buahnya sehat, lebat, dan besar-besar. Mereka membutuhkan kalium dan kalsium,” ujarnya dalam salah satu video di kanalnya, Jumat (2/9/2022).

Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak.Unsplash/Caroline Attwood Letakkan cangkang telur di atas lemari untuk mengusir cicak.

Ketika menanam tomat, mangga, atau anggur, misalnya, beberapa orang mungkin pernah melihat buah yang dihasilkan berubah warna menjadi hitam pada bagian ujungnya.

Indra mengungkapkan, ini adalah tanda bahwa tanaman kekurangan kalsium. Untuk menjaga tanaman agar terhindar dari kekurangan kalsium dan kalium, cangkang telur menjadi pilihan yang bisa dicoba.

“Cangkang telur menjadi sumber kalsium yang dibutuhkan tanaman. Jangan sampai salah, kalau kita salah menggunakannya, kita enggak dapat manfaatnya. Tanaman mangga, misalnya, mereka bisa berbuah sepanjang tahun tanpa henti,” terang Indra.

Dalam pengaplikasiannya, cangkang telur tidak bisa langsung ditaruh di sekitar tanaman. Cara ini tidak efektif karena tanaman tidak bisa langsung menikmati manfaat kalsium dan kalium yang terkandung.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik dari Cangkang Telur dan Kulit Pisang

Nah, berikut cara menggunakan dan mengolah cangkang telur untuk tanaman agar sehat dan tumuh subur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com