Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/07/2021, 08:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar dari kita langsung membuang cangkang telur setelah isinya diambil. Namun, tahukah Anda, cangkang telur yang biasa kita buang ternyata merupakan sumber nutrisi yang baik bagi tanaman?

Dilansir dari Balcony Garden Web, Kamis (29/7/2021), cangkang telur merupakan sumber kalsium yang kaya dan mengandung 2,2 gram kalsium dalam bentuk kalsium karbonat. Ini dua kali lipat dari jumlah kalsium yang dibutuhkan manusia dewasa per hari.

Menurut dokumen yang dipublikasikan di laman Florida University, AS, cangkang telur juga mengandung nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tanaman. Beberapa di antaranya adalah 0,3 persen fosfor, 0,3 persen magnesium, serta sedikit natrium, kalium, seng, mangan, besi, dan tembaga.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Salah satu cara untuk memberikan manfaat cangkang telur bagi tanaman adalah dengan membuat pupuk cair atau teh cangkang telur. Ini adalah cara organik cepat untuk membuat nutrisi tersedia bagi tanaman setelah pengaplikasian.

Ilustrasi cangkang telur. PIXABAY/FLITSART Ilustrasi cangkang telur.

Manfaat pupuk cair cangkang telur untuk tanaman

Teh cangkang telur ini dapat berfungsi sebagai sumber kalsium dan kalium yang bagus dan juga membantu sedikit meningkatkan pH tanah.

Ini sangat berguna jika Anda memiliki pH tanah yang asam atau netral tetapi juga dapat digunakan jika memiliki tanah yang basa karena kemampuan tanaman untuk menyerap kalsium tidak bergantung pada tingkat pH.

Kalsium sangat penting dalam perkembangan akar dan menyembuhkan masalah akar pendek. Ini akan memengaruhi kualitas buah.

Baca juga: 8 Manfaat Cangkang Telur, Jangan Buru-buru Dibuang

Kemudian, memperkuat struktur dinding sel (perbaikan struktur dinding sel meningkatkan kekuatan tanaman). Selain itu juga membantu melawan penyakit dan melindungi tanaman dari stres karena panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com