Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 21:40 WIB
Abdul Haris Maulana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak yang beranggapan bahwa bubuk kopi dapat bertindak sebagai pengusir alami hewan pengerat.

Satu studi yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa bubuk kopi lebih efektif mengusir tikus.

Terkait hal tersebut, benarkah bubuk kopi dapat digunakan untuk mengusir tikus? Apa faktor yang membuat tikus tidak menghindari bubuk kopi?

Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Suara, Apakah Efektif?

Dilansir dari Bio Tech Termite and Pest, Selasa (16/8/2022), pada artikel ini akan dibahas mengenai pengaruh bubuk kopi terhadap tikus.

Hantavirus berasal dari tikus dan hewan pengerat lainnya.FREEPIK/WIRESTOCK Hantavirus berasal dari tikus dan hewan pengerat lainnya.
Benarkah bubuk kopi dapat mengusir tikus?

Senyawa pahit kopi bertanggung jawab atas efek yang mengusir tikus. Senyawa ini membuat kopi tidak enak untuk tikus maupun celurut sehingga mereka akan menghindari area di mana ada penggunaan bubuk kopi.

Meskipun ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa bubuk kopi dapat berfungsi sebagai pengusir hewan pengerat alami, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi hal ini.

Sementara itu, ketika kamu sedang mencari cara untuk menjauhkan hewan pengerat dari rumah atau propertimu, bubuk kopi layak dicoba.

Ide hijau untuk pengendalian hama

Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Tikus di Dapur

Hewan pengerat bukan satu-satunya hama yang dapat diusir oleh bubuk kopi, ini termasuk semut, laba-laba, dan serangga merayap lainnya.

Kamu dapat menggunakan bubuk kopi untuk membuat penghalang alami di sekitar propertimu atau di area di mana kamu melihat infestasi hama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com