Kompas.com - 16/08/2022, 16:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama pengganggu di rumah. Tidak mengherankan banyak dijual produk pembasmi tikus di pasaran untuk mengusir hama yang mengganggu ini.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Selasa (16/8/2022), tikus dapat mencari berbagai jalan untuk masuk ke rumah dan berkembang biak dengan cepat.

Menurut tim di Alabama A&M University dan Auburn University Forestry and Wildlife Extension, tikus dapat melahirkan lima hingga 10 kali per tahun yang masing-masing terdiri dari lima hingga enam anak.

Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Tikus di Dapur

Ilustrasi tikus di rumah.UNSPLASH/JOSHUA J. COTTEN Ilustrasi tikus di rumah.

Tikus muda mencapai kematangan seksual pada enam hingga 10 minggu, dan kemudian dapat berkembang biak. Sepasang tikus yang berkembang biak dapat berkembang biak menjadi ribuan infestasi dalam satu tahun.

Tikus dapat menyebabkan kerusakan struktural pada rumah, mencuri dan mencemari makanan atau bahkan membawa penyakit dan hama lainnya, seperti kutu.

Tikus pun disorot sebagai vektor penyakit dan menciptakan kondisi yang tidak sehat.

Namun, terlepas dari banyaknya masalah yang dapat ditimbulkan oleh tikus, banyak orang ingin menemukan cara yang manusiawi untuk mencegah dan mengusir tikus daripada menggunakan cara lama, seperti racun dan perangkap tikus.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus yang Bersarang di Plafon

Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan suara. Nah, bagaimana cara mengusir tikus di rumah dengan suara? Berikut penjelasannya

Generator suara ultrasonik

Salah satu metode untuk mengusir tikus adalah penggunaan generator suara ultrasonik. Anda mungkin pernah melihat berbagai perangkat ini dipasarkan sebagai pengusir hama, sering kali mengklaim dapat menjauhkan tikus dan serangga tanpa bahan kimia, bau, atau kotoran.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.