Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Suara, Apakah Efektif?

Kompas.com - 16/08/2022, 16:49 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tikus adalah salah satu hama pengganggu di rumah. Tidak mengherankan banyak dijual produk pembasmi tikus di pasaran untuk mengusir hama yang mengganggu ini.

Dikutip dari Home Guides SF Gate, Selasa (16/8/2022), tikus dapat mencari berbagai jalan untuk masuk ke rumah dan berkembang biak dengan cepat.

Menurut tim di Alabama A&M University dan Auburn University Forestry and Wildlife Extension, tikus dapat melahirkan lima hingga 10 kali per tahun yang masing-masing terdiri dari lima hingga enam anak.

Baca juga: 5 Fakta yang Perlu Diketahui tentang Tikus di Dapur

Ilustrasi tikus di rumah.UNSPLASH/JOSHUA J. COTTEN Ilustrasi tikus di rumah.

Tikus muda mencapai kematangan seksual pada enam hingga 10 minggu, dan kemudian dapat berkembang biak. Sepasang tikus yang berkembang biak dapat berkembang biak menjadi ribuan infestasi dalam satu tahun.

Tikus dapat menyebabkan kerusakan struktural pada rumah, mencuri dan mencemari makanan atau bahkan membawa penyakit dan hama lainnya, seperti kutu.

Tikus pun disorot sebagai vektor penyakit dan menciptakan kondisi yang tidak sehat.

Namun, terlepas dari banyaknya masalah yang dapat ditimbulkan oleh tikus, banyak orang ingin menemukan cara yang manusiawi untuk mencegah dan mengusir tikus daripada menggunakan cara lama, seperti racun dan perangkap tikus.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus yang Bersarang di Plafon

Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menggunakan suara. Nah, bagaimana cara mengusir tikus di rumah dengan suara? Berikut penjelasannya

Generator suara ultrasonik

Salah satu metode untuk mengusir tikus adalah penggunaan generator suara ultrasonik. Anda mungkin pernah melihat berbagai perangkat ini dipasarkan sebagai pengusir hama, sering kali mengklaim dapat menjauhkan tikus dan serangga tanpa bahan kimia, bau, atau kotoran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com