Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 02/09/2022, 21:19 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias menjadi hobi yang berkembang pesat setidaknya sejak awal 2020 ketika pandemi virus corona melanda. Aktivitas yang harus dilakukan di rumah memungkinkan kita menjalani hobi tanaman hias ini.

Namun, merawat dan mengoleksi tanaman hias bukan cuma untuk mengagumi daunnya. Beberapa jenis tanaman hias memiliki bunga yang sangat cantik dan bahkan harum.

Meski demikian, Anda juga harus cermat dan berhati-hati. Sebab, sejumlah jenis tanaman bunga memiliki duri pada batangnya, walaupun bunganya sangat cantik.

Baca juga: 7 Tanaman Bunga yang Tahan Panas, Cocok di Halaman Rumah

Dilansir dari beberapa sumber, yang diperbarui pada Jumat (2/9/2022), berikut beberapa tanaman bunga yang cantik tapi berduri.

1. Euphorbia

Dikutip dari Hunker, menurut Departemen Hortikultura University of Florida, Euphorbia atau mahkota duri berasal dari Madagaskar dan sangat toleran terhadap iklim panas. Bunga ini hanya membutuhkan sedikit air dan dapat bertahan di bawah sinar matahari penuh.

Sementara versi asli tanaman memiliki duri yang sangat menonjol, beberapa varietas baru memiliki duri yang sedikit, bahkan hanya tonjolan yang tidak tajam. Warna bunga euphorbia beragam, mulai dari merah tua, merah muda pucat dan krem.

Ilustrasi bunga quince. PIXABAY/MANFRED RICHTER Ilustrasi bunga quince.

2. Quince

Menurut para ahli di University of Connecticut, quince adalah tanaman bunga berduri yang berasal dari China.

Tanaman ini bisa berkembang seperti semak yang tinggi, dengan cabang berduri dan bunga berwarna merah, salmon, merah muda, atau putih.

Baca juga: 7 Tanaman Bunga Berwarna Merah yang Cocok Jadi Dekorasi Rumah

Quince juga menghasilkan buah yang menyerupai apel. Quince tumbuh subur di bawah sinar matahari penuh, tetapi juga dapat mentolerir naungan parsial.

Pemangkasan akan membantu menciptakan dedaunan yang indah yang dapat mempercantik lanskap taman atau halaman rumah Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com