Kompas.com - 29/01/2021, 20:24 WIB
Ilustrasi membersihkan rumah. SHUTTERSTOCK/VGSTOCKSTUDIOIlustrasi membersihkan rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun melelahkan, membersihkan rumah akan membuat Anda bahagia dan merasa nyaman. Namun begitu, membersihkan rumah harus dilakukan secara cermat dan benar.

Kalau salah, rumah tidak akan menjadi bersih, malah menjadi kotor.

Dilansir dari Reader's Digest, Jumat (29/1/2021), berikut ini beberapa kesalahan dalam pembersihan yang malah membuat rumah Anda kotor.

Baca juga: Ternyata, Ini 8 Manfaat Membersihkan Rumah untuk Kesehatan

1. Menggunakan kain lap yang sama untuk membersihkan rumah

Meskipun disemprot dengan larutan pembersih, ketika Anda menggunakan kain lap yang sama di beberapa tempat di rumah, kain tersebut menempel pada kotoran dari permukaan sebelumnya dan menyebarkannya ke permukaan mana pun yang disentuhnya berikutnya.

Ini berarti kuman kamar mandi tersapu ke meja dapur, meja kopi ruang tamu, bayangkan betapa mengerikannya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gunakan kain baru untuk setiap permukaan dibersihkan, atau siapkan kain pembersih mikrofiber untuk setiap area rumah Anda. Kain pembersih serat mikro dapat dimasukkan ke dalam cucian atau dicuci bersih setelah digunakan untuk menghilangkan kotoran.

2. Menggunkan kemoceng

Meskipun lazim digunakan sebagai alat pembersih rumah sejak dahlulu kala, namun bulu ayam atau kemoceng sebenarnya malah menyebarkan debu di sekitar permukaan atau mendorongnya hingga jatuh ke tanah, bukan menghilangkannya.

Baca juga: Simak, 3 Kesalahan dalam Membersihkan Rumah

Sebaliknya, gunakan kain pembersih mikrofiber atau tisu dapur yang dicampur dengan larutan pembersih yang sesuai, tergantung pada permukaan yang akan dibersihkan.

3. Tidak membersihkan vacuum cleaner

Ketika filter vacuum cleaner alias penyedot debu tidak diganti atau dibersihkan dalam beberapa saat, vacuum cleaner tidak hanya tidak dapat mengambil kotoran dan debu sebanyak yang seharusnya, karena berkurangnya daya isap.

Tidak hanya itu, kotoran juga terbawa kembali ke dalam udara dan karpet di dekat ventilasi berdebu.

Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X