Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/01/2021, 18:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber HGTV

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias ara biola atau ketapang biola alias fiddle leaf fig (Ficus lyrata) adalah salah satu jenis tanaman hias yang digemari beberapa waktu terakhir.

Tanaman ara biola digemari sebagai tanaman hias indoor atau dalam ruangan karena memberikan aksen aksitektural yang kuat. Selain itu, daunnya yang berbentuk seperti biola pun menarik perhatian.

Tidak cuma itu, ara biola juga bisa tumbuh cukup tinggi, sehingga mampu memperkuat dekorasi rumah Anda.

Baca juga: Simak, Ini Manfaat Daun Ketapang untuk Ikan Cupang

Untuk Anda yang ingin merawat tanaman ara biola dan menjadikannya pelengkap dekorasi rumah, berikut caranya, seperti dikutip dari HGTV, Jumat (29/1/2021).

Cara merawat ara biola

1. Pilih lokasi

Pilihlah lokasi yang tepat untuk menempatkan tanaman ara biola di dalam rumah. Tanaman tropis ini tidak menyukai angin, jadi pilihlah area yang tidak langsung menghadap atau berdekatan dengan pintu ke luar rumah, jendela berangin, atau dekat ventilasi udara.

Ara biola juga tumbuh dengan pesat dalam kondisi cahaya matahari tidak langsung namun sangat terang. Ketika menyiram ara biola setiap seminggu sekali, sedikit putar tanaman sehingga menerima sinar matahari yang sama dan tidak mencondongkan tubuhnya ke arah sumber cahaya.

Perlu diperhatikan juga, proses relokasi dari toko tanaman ke rumah Anda bisa membuat tanaman ara biola mengalami stres, yang tidak akan terlihat dalam satu atau dua bulan pertama. Jika daun mulai terlihat cokelat atau layu di akhir bulan pertama, periksa untuk memastikan tanaman tidak terlalu banyak air dan mendapatkan cukup sinar matahari.

Baca juga: 8 Tanaman Hias Termahal, Ada yang Tembus Rp 18 Miliar

2. Daun kotor dan kelembaban

Jika daun tanaman ara biola baru Anda tertutup noda air dan debu, ambil kain lembab dan seka setiap daun dengan lembut. Tidak perlu menggunakan minyak kelapa, sebab cara ini sebenarnya bisa membuat daun mati lemas seiring berjalannya waktu.

Terus bersihkan daun seperti ini setiap bulan untuk mencegah tungau laba-laba dan hama lainnya dan ara biola Anda akan tampak bagus dengan daun yang berkilau.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber HGTV
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com