Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/01/2021, 10:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga melati atau Jasminum sambac dan J.polyanthum adalah salah satu tanaman bunga yang penggunaannya sangat beragam, dari teh hingga parfum.

Tanaman bunga melati pun cukup mudah dirawat sebagai tanaman hias, menurut Marc Hachadourian, direktur hortikultura rumah kaca dan kurator senior anggrek di New York Botanical Garden. Bukan hanya di halaman rumah, bunga melati juga mudah dirawat di dalam ruangan.

Nah, untuk Anda yang ingin merawat tanaman bunga melati di dalam ruangan, berikut ini caranya, dikutip dari Martha Stewart, Kamis (28/1/2021).

Baca juga: 4 Jenis Vas Bunga yang Menjadi Tren di Tahun 2021

"Melati hidup baik di lokasi yang cerah dan cerah, pot di tanah yang sedikit asam, dengan drainase yang baik dengan kandungan organik yang baik," kata Hachadourian.

Meskipun melati harus mendapatkan setidaknya enam jam sinar matahari setiap hari, menurut kreator YouTube Tanya Barnett, namun cahaya itu harus kuat, cahaya tidak langsung.

Juga perlu diingat bahwa Anda dapat mengurangi proses pemupukan selama musim hujan karena pertumbuhan melambat selama waktu itu.

"Pot gantung sangat populer, karena memungkinkan tanaman merambat ke bawah dari pot, menciptakan efek visual yang unik dan mencolok," terang Barnett.

Baca juga: 7 Tanaman Bunga yang Tahan Panas, Cocok di Halaman Rumah

Karena melati tumbuh dengan cepat, pemangkasan akan menjadi langkah penting untuk menjaga tanaman tetap sehat, mendorong percabangan, dan membantunya berkembang. Waktu terbaik untuk memangkasnya adalah setelah berbunga.

Tak lama setelah tanaman bunga melati di dalam ruangan Anda mulai berbunga, Anda perlu memangkas setengah inci lagi. Setidaknya harus ada tiga hingga enam set daun di setiap cabang.

"Spesies pendek seperti Jasminum sambac sebaiknya hanya dipangkas di pertengahan musim kemarau untuk mendorong lebih banyak cabang dan kuncup bunga seiring waktu. Anda pasti akan membutuhkan ruang untuk membiarkan mereka dewasa, tetapi aroma yang memabukkan sangat berharga," papar Hachadourian.

Suhu malam hari dari sekitar 10 sampai 15 derajat celsius paling baik untuk mendorong kuncup bunga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com