Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/01/2021, 08:49 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi Anda yang ingin mempercantik taman di luar ruangan, tanaman bunga Blue Star bisa menjadi pilihan yang cocok.

Spesies bunga Amsonia ini dikenal dengan Blue Star karena bunganya berwarna biru lembut dan berbentuk bintang.

Blue star merupakan individu kecil namun mereka mekar dalam kelompok dan menampilkan kecantikan.

Baca juga: 7 Bunga Berwarna-warni yang Bisa Tumbuh di Tempat Teduh

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (9/1/2021), blue star berasal dari banyak wilayah Amerika Utara dan tumbuh bebas tanpa masalah.

Tekstur dedaunan yang lapang tetapi substansial memberikan lapisan yang bagus untuk hampir semua tanaman lain, dan tentunya dengan warna yang cantik dari tumbuhan ini.

Daun dari blue star memiliki tiga hingga empat inci dan berbentuk tombak dengan tulang rusuk yang menonjol. Varietas Blue Star beragam, antara lain arkansas blue star yang memiliki tinggi 2-3 kaki dengan dedaunan berbulu halus, downy blue star, shining blue star, dan willowleaf blue star.

Naungan sinar matahari

Untuk dapat menanam blue star dengan subur, tempatkan di bawah sinar matahari penuh, namun tumbuhan ini juga dapat mengatasi naungan parsial dan bahkan dapat tumbuh lebih baik dalam iklim yang panas dan kering.

Baca juga: 5 Bunga Cantik yang Memikat Kupu-kupu di Halaman Rumah

Kebanyakan varietas blue start akan tumbuh setinggi dua hingga tiga kaki dan lebar dua hingga tiga kaki, namun ukurannya akan bergantung pada varietas yang ditanam dan kondisi pertumbuhannya.

Blue star cenderung kecil, rapi, dan rumpun seperti semak. Blue Star mekar di akhir musim semi atau awal musim panas.

Blue star menyukai pH tanah netral antara 6,2 dan 7,0 tetapi akan tumbuh hampir dimana saja, bahkan di tanah yang buruk. Namun mereka tidak menyukai kondisi kering yang berkepanjangan.

Untuk tumbuh, blue star bisa ditanam dari biji yang dipanen yang dapat bisa memulai di musim gugur dan selama musim dingin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com