Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2020, 16:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai tanaman hias kini menjadi buruan para pencintanya untuk dirawat, salah satunya tanaman hias bunga begonia yang cukup digemari.

Dilansir dari Garden Design, Rabu (23/12/2020), beberapa varietas tanaman hias begonia ditanam untuk bunganya sementara yang lain ditanam untuk dedaunannya yang mencolok.

Begonia merupakan tanaman tropis dan subtropis, sehingga meletakkannya di jendela menghadap ke timur, barat, atau selatan adalah cara yang terbaik.

 

Baca juga: 7 Tanaman Hias Bunga yang Tak Butuh Banyak Cahaya Matahari

Namun, jika daunnya terbakar, pindahkan tanaman jauh dari jendela. Sebagai alternatif mereka dapat tumbuh dengan baik di udara kering serta tidak terpapar dengan udara panas secara langsung.

Yang harus diperhatikan adalah begonia tidak boleh disiram air terlalu banyak, karena akan membuatnya mati.

Agar tanaman mendapatkan kelembapan yang pas letakkan pot di nampan kerikil. Begonia memiliki beragam jenis, antara lain yang paling umum sebagai berikut ini:

1. Wax begonia

Wax begonia adalah varietas Begonia semperflorens yang paling umum. Tanaman yang menyukai tempat teduh ini memiliki warna yang indah saat ditanam di bawah pohon atau di pot. Wax begonia biasanya tumbuh semusim yang memiliki tinggi mencapai 6 hingga 12 inci.

Baca juga: 6 Tanaman Hias Bunga yang Mudah Dirawat di Rumah

2. Tuberous Begonia

Jenis lain yang populer, adalah begonia tuberous yang memiliki bunga berwarna-warni dan sangat mencolok. Sehingga tanaman hias ini cocok diletakkan di dalam pot atau digantung.

Begonia ini tumbuh setinggi 12 hingga 18 inci dan 3 kaki atau lebih dalam wadah di luar ruangan.

3. Cane Begonia

Dengan kebiasaan tumbuh tegak dan batang tersegmentasi, jenis begonia ini memiliki dedaunan yang indah dan mekar dalam berbagai warna.

Mereka populer dan cocok sebagai tanaman hias, tetapi juga bisa ditanam di luar. Ukurannya bervariasi tergantung kondisi pertumbuhan, yakni dari 6 hingga 12 inci hingga hingga 5 kaki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com