Kompas.com - 06/01/2021, 14:58 WIB
Ilustrasi ikan cupang, ikan cupang halfmoon. SHUTTERSTOCK/PANPILAI PAIPAIlustrasi ikan cupang, ikan cupang halfmoon.

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik ikan cupang menganggap kalau ikan cupang dikenal sebagai ikan hias yang pilih-pilih dalam urusan waktu makan pada beberapa hari.

Seekor ikan cupang yang dipelihara seseorang bisa melewati 1-2 hari tanpa makan, dan hal ini mungkin terasa menjengkelkan bagi pemilik yang sudah melemparkan makanan ke akuariumnya.

Tetapi setelah beberapa hari kemudian, ikan cupang akan menelan dengan lahap setiap potongan makanan yang diberikan. 

Baca juga: Mengganti Air Akuarium Bisa Bikin Ikan Mati?

Akibat hal itu, timbul rasa penasaran dan ingin tahu, yang mana itu seperti sesuatu yang tidak harusnya dipikirkan bagi pemilik ikan cupang.

Banyak yang bertanya, "berapa lama ikan cupang bisa bertahan tanpa makanan?".

Dilansir dari berbagai sumber, Rabu, (06/01/2021), durasi ikan cupang bisa bertahan tanpa makanan itu tidak semuanya sama, ada yang 1 minggu hingga 2 minggu.

Pada dasarnya ikan cupang merupakan ikan hias yang tangguh, tidak seperti yang lainnya, sehingga mereka mampu hidup tanpa makan berhari-hari.

Baca juga: 8 Cara yang Dapat Membantu Ikan Cupang Bisa Hidup Lebih Lama

Seminggu adalah waktu yang sangat umum bagi ikan cupang dapat bertahan hidup tanpa makan, dan ini dibuktikan oleh banyka peternak ikan cupang yang menjual ikannya sampai ke luar negeri.

Sebelum ikan cupang dikirim ke luar negeri, mereka biasanya akan sengaja dipuasakan selama kurang Iebih sehari. Hal itu bertujuan agar ikan cupang tidak membawa makanan di dalam perut dan membuang kotoran saat perjalanan.

Sebab, air yang sedikit dan terkena paparan kotoran ikan cupang itu sendiri akan membuat mereka bisa sakit bahkan sampai mati di perjalanan.

Durasi maksimum ikan cupang dapat hidup tanpa makanan adalah sekitar 14 hari atau 2 minggu.

Perut ikan cupang adalah sebesar ukuran matanya. Mereka tidak membutuhkan makanan sebanyak itu, jadi mereka bisa bertahan lama tanpa makan.

Halaman:
Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X