Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/01/2021, 14:06 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Calathea velvet adalah satu dari sekian nama tanaman hias yang diprediksi menjadi tanaman hias populer tahun ini. 

Calathea velvet atau yang nama ilmiahnya adalah Calathea rufibarba memiliki dedaunan yang gelap, yang mana itu akan menciptakan kesan terbaik di rumah mana pun.

Calathea velvet merupakan tanaman berbunga dalam keluarga Marantaceae yang berasal dari Brasil. Warna daunnya berwarna hijau dominan di bagian atasnya dan warna merah tua di bawahnya.

Baca juga: Mengenal Calathea Velvet, Tanaman Hias yang Bakal Populer Tahun ini

Ada alasan tertentu kenapa calathea ini diberi nama velvet alias beludru, itu karena tekstur daun bawahnya yang berbulu dan seperti bulu beludru halus yang tidak biasa dalam genusnya.

Bagi kamu yang berencana membeli atau sudah memiliki calathea velvet, pada kali ini kita akan mempelajari tata cara merawatnya, yang dilansir dari Indoor Garden Look, Rabu (6/1/2021).

Penyiraman

Satu-satunya upaya yang dibutuhkan calathea velvet dari pemiliknya adalah sering menyiram, tapi jangan terlalu banyak air dan membuat genangan.

Selama masa pertumbuhan tanaman ini, kamu harus menambahkan air ke tanah kurang lebih setiap dua hari sekali. Seperti kebanyakan tanaman calathea lainnya, calathea velvet menyukai tanah yang lembab tanpa genangan air.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Calathea Populer, Black Lipstick hingga Majestica

Pastikan untuk memeriksa kelembapan campuran pot (2 cm di bawah permukaan) sebelum menambahkan air, jika masih terasa lembab, jangan disiram, tetapi jika sudah kering, saatnya menambahkan air.

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, hindari menyiramnya secara berlebihan karena jika terlalu banyak air, akar calathea velvet akan membusuk.

Ketika kamu gagal menyiramnya dengan cukup dan daunnya berubah menjadi coklat, kamu tidak perlu khawatir karena tanaman akan pulih segera setelah disiram kembali.

Jika kamu memutuskan untuk menggunakan pot biasa, pastikan untuk membeli pot dengan lubang drainase untuk memastikan bahwa kelebihan air akan dikeluarkan untuk menghindari pembusukan.

Kamu harus mengingat tingkat pH air yang digunakan untuk calathea velvet, karena mereka lebih menyukai pH netral, yakni sekitar 7.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com