Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2021, 11:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren merawat tanaman hias yang populer sepanjang tahun 2020 lalu diprediksi masih akan berlanjut pada tahun ini. Beberapa jenis tanaman hias pun diproyeksikan bakal naik daun pada tahun 2021.

Salah satunya adalah blue star fern atau tanaman pakis bintang biru, yang memiliki nama ilmiah Phlebodium aureum. Tanaman pakis ini adalah tanaman hias yang mudah dirawat.

Dilansir dari Horticulture, Sabtu (2/1/2021), pakis bintang biru dapat tumbuh dalam kondisi sedikit cahaya matahari, yang umum ditemukan pada sebagian besar interior rumah. Tanaman ini menikmati tanah yang lembab, sehingga jangan khawatir terlalu sering menyiramnya.

Baca juga: Mengenal Blue Star Fern, Tanaman Hias yang Diprediksi Populer di 2021

Pakis bintang biru adalah tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis Amerika Selatan. Di alam liar, ia tumbuh di pohon, memanfaatkan pohon untuk hidup, tetapi tidak mengambil nutrisi atau kelembaban dari pohon inang.

Soal daun, tidak seperti tanaman pakis lain yang memiliki pelepah yang tampak halus, pakis bintang biru memiliki daun yang lebih lebar.

Pakis ini mentolerir cahaya redup. Tempatkan dalam cahaya tidak langsung ke arah tengah ruangan, atau simpan di jendela yang menghadap ke timur, barat atau utara, di mana ia tidak akan menerima sinar matahari sepanjang hari.

Cara merawat pakis bintang biru

Berikan cahaya tidak langsung dan penyiraman secara teratur. Campuran pot untuk pakis bintang biru harus longgar dan cepat habis.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bakal Populer pada Tahun 2021

Saat menyiram dan menanam, ingatlah habitat alami dan kebiasaan tumbuh pakis ini, yakni hidup di dahan pohon di hutan hujan, jadi suka sering disiram tetapi tidak suka berdiri di air atau tanah basah.

Pot yang dijual untuk anggrek adalah pilihan yang baik. Ganti potnya hanya jika sudah besar. Pada saat itu, pindahkan ke pot yang lebih besar beberapa inci.

Suhu ruangan normal baik-baik saja untuk pakis bintang biru, tetapi tanaman ini lebih menyukai kelembaban yang tinggi. Simpan di ruangan yang lebih lembab, seperti dapur atau kamar mandi, atau letakkan pot di atas nampan kerikil lembab.

Mengelompokkan tanaman hias bersama-sama juga akan menghasilkan kelembaban yang lebih tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com