Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tren Dekorasi Dapur Terpopuler di Instagram, Apa Saja?

Kompas.com - 01/01/2021, 19:10 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang memanfaatkan waktu yang dihabiskan di rumah selama pandemi untuk melakukan renovasi rumah.

Apakah itu mengganti furnitur lama atau merenovasi total ruangan yang disukai di rumah, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperbarui tampilan rumah. Ini termasuk menata ulang dapur Anda.

Dilansir dari Martha Stewart, Jumat (1/1/2021), Dulux melaporkan lima fitur dapur paling disukai di Instagram. Perusahaan cat tersebut menganalisis tagar dekorasi dapur yang paling banyak digunakan di Instagram, yakni #KitchensOfInstagram, #Kitchensofinsta, dan #KitchensofIG untuk menemukan gambar dekorasi dapur yang paling disukai.

Baca juga: Hindari, Ini 7 Kesalahan dalam Mendesain Dapur

Dari gaya dapur paling populer hingga elemen desain tertentu, Dulux mengumpulkan lima tren teratas. Rak dapur atau shaker cabinet berada di peringkat pertama tren dekorasi dapur berdasarkan "likes" di Instagram.

"Desain ini identik dengan kepraktisan dan kesederhanaan, dengan sisi panel datar dan bingkai persegi, serta cukup serbaguna untuk menyesuaikan dengan gaya rumah apa pun," kata pihak Dulux.

Pun tidak ada dapur yang sepenuhnya lengkap dengan meja dapur atau island fungsional, fitur desain populer lainnya. Dari ruang konter tambahan dan penyimpanan ekstra, hingga berfungsi sebagai ruang berkumpul untuk keluarga dan teman, island dapur memiliki banyak hal yang ditawarkan.

Tren dekorasi dapur lainnya adalah lantai kayu, yang merupakan tren dapur paling disukai kedua di Instagram. Pada tahun 2020, Dulux berharap lantai kayu akan tidak hanya kayu ringan tradisional dan hadir dalam warna yang lebih dalam seperti mahoni atau bahkan abu-abu.

Baca juga: Singkirkan 5 Peralatan Ini agar Dapur Lebih Luas

Elemen dekorasi dapur lainnya yang populer di Instagram adalah lemari berwarna putih. Fleksibilitas, daya tarik klasik, dan kemampuannya untuk mencerahkan dapur yang gelap adalah beberapa alasan mengapa lemari putih akan selalu menjadi favorit.

Salah satu tren dekorasi dapur lainnya adalah penggunaan tanaman hias dan bunga di dapur. Tanaman herba gantung, tunas kecil, dan tanaman tinggi menambah kehidupan di dapur, terutama dapur kecil atau di lingkungan perkotaan dengan sedikit ruang hijau di luar.

"Tren ini melihat tanaman digunakan lebih sebagai focal point (titik fokus) daripada aksesori latar belakang, jadi tanaman yang besar, berani dan unik adalah yang dicari," ungkap Dulux.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com