Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2020, 07:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengoleksi dan merawat tanaman hias menjadi salah satu tren sepanjang tahun 2020. Berbagai jenis tanaman hias dengan bentuk dan motif daun unik pun menjadi primadona.

Nah, untuk Anda yang ingin melengkapi koleksi tanaman hias di rumah, kenapa tidak melirik tanaman hias dengan daun warna ungu? Tentu ini akan menjadi pelengkap yang cantik di antara deretan tanaman hias berdaun hijau.

Dilansir dari Balcony Garden Web, Kamis (31/12/2020), berikut ini beberapa tanaman hias berdaun ungu yang bisa menjadi referensi Anda untuk mempercantik dekorasi rumah.

Baca juga: Cara Membuat Tanaman Hias Dalam Ruangan Jadi Cantik

Ilustrasi tanaman hias oxalis. SHUTTERSTOCK/VYACHESLAV_BULATOV Ilustrasi tanaman hias oxalis.

1. Oxalis

Berasal dari Brasil, tanaman Oxalis menampilkan daun berbentuk kincir yang unik dan bunga yang bentuknya menyerupai bintang.

Beberapa varietas Oxalis menghasilkan daun ungu dengan aksen yang lebih dalam.

Daunnya yang halus dan bunganya yang mungil menjadikan Oxalis pilihan ideal untuk ditempatkan di wadah maupun di dalam ruangan.

Daun Oxalis yang kecil dan berbentuk segitiga menutup pada malam hari, yang menjadikannya tanaman yang unik untuk dimiliki di rumah.

Baca juga: 9 Tanaman Hias Terpopuler 2020, Punya Manfaat untuk Kesehatan

2. Coleus

Coleus adalah tanaman yang indah dan mencolok, serta tersedia dalam berbagai warna dan gaya. Sebagian besar jenis tanaman ini digunakan di taman luar ruangan, namun juga sangat mudah ditanam sebagai tanaman dalam ruangan.

Ilustrasi tanaman hias Coleus. SHUTTERSTOCK/PICJON Ilustrasi tanaman hias Coleus.

Corak dan warna daunnya berasal dari penerimaan sinar matahari yang cukup. Semakin banyak cahaya, semakin jelas warnanya.

Namun, cahaya matahari tidak langsung memungkinkan warna terbentuk juga, meskipun warnanya sedikit lembut. Selain itu, Coleus sangat mudah diperbanyak.

Daun yang indah dan menarik dapat menghidupkan ruang tamu yang kusam, sementara strukturnya yang ringkas cocok untuk sudut ruangan.

Baca juga: Mengenal Blue Star Fern, Tanaman Hias yang Diprediksi Populer di 2021

3. Calathea Prayer Plant

Calathea Prayer Plant hadir dengan corak daun coklat keunguan yang tidak biasa. Ini adalah tanaman yang menyenangkan untuk dimiliki di rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com