Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/12/2020, 20:06 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi rumah dengan tanaman hias memiliki berbagai manfaat, yakni tanaman dapat menghasilkan oksigen ekstra melalui fotosintesis, membantu mengurangi stres, dan bahkan dapat meningkatkan produktivitas jika diletakkan di atas meja kerja.

Untuk ukurannya, bisa dipilih tanaman yang sesuai dengan kondisi ruangan, misalnya untuk di meja kerja bisa diletakkan tanaman kecil seperti kaktus atau sukulen, dan tanaman yang lebih besar di ruangan lainnya.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (30/12/2020) dengan menempatkan tanaman hias di dalam rumah, pemilik rumah akan lebih mengenal rumahnya, seperti sudut gelap yang tidak mendapat sinar matahari bisa menjadi lingkungan yang sempurna untuk pakis.

Baca juga: 7 Tanaman Hias Indoor Ini Mampu Mempercantik Rumah

Lalu di ambang jendela kamar mandi yang cerah dapat menampung anggrek.

Saat mendekorasi rumah dengan tanaman hias, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain tampilannya di dalam ruangan, Anda harus mempertimbangkan perawatan tanaman dan kondisi kehidupannya.

Misalnya, beberapa tanaman akan mentolerir cahaya redup dan tumbuh subur di area rumit seperti kamar mandi, sementara yang lain membutuhkan tempat di dekat jendela untuk tumbuh.

Berikut beberapa tips yang perlu diingat saat Anda menempatkan lebih banyak tanaman di rumah.

Baca juga: Mengenal Blue Star Fern, Tanaman Hias yang Diprediksi Populer di 2021

1. Atur dalam angka ganjil

Sebisa mungkin, kelompokkan tanaman dalam jumlah ganjil. Penggunaan bilangan genap dapat terlihat simetris sehingga penataannya terlihat lebih formal. Angka ganjil memberikan tampilan yang lebih kasual.

2. Pilih ukuran berbeda

Kelompokkan tanaman dengan lebar dan tinggi berbeda. Perbedaan ukuran memberikan tampilan yang lebih organik dibandingkan tanaman dengan ukuran yang sama yang terlihat seragam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com